Impian bukan berarti hayalan

Misal ada 2 tanaman yang satu layu dan hampir kering, dan yang satu lagi tumbuh begitu segar. Keduanya memang hidup, tapi tentu berbeda.

Tanaman yang layu dan hampir kering merupakan ibarat dari hidup manusia yang menjalani hidupnya tanpa tujuan dan tanpa harapan. Setiap yang ia pikirkan hanyalah bagaimana mencukupi kebutuhan sehari – hari dengan seringkali mengeluh akan nasib yang ia terima. Tanaman yang tumbuh segar merupakan perumpamaan dari seorang yang hidupnya penuh semangat karena ia memiliki impian, cita – cita , dan harapan sehingga hidupnya memang terlihat lebih hidup.

Ada pepatah yang mengatalan “banyak – banyaklah bermimpi!”. Lalu apakah untuk menjadi seperti tanaman yang tumbuh segar kita harus memiliki banyak impian? Jawabannya adalah tentu. Tapi bukankah menghayal itu adalah pekerjaan yang kurang baik? Jawabannya adalah tentu. Memang benar kita harus memiliki impian, tapi impian itu bukan berarti sebuah hayalan. Impian merupakan sesuatu yang berbeda dengan hayalan. Impian adalah suatu harapan yang terukur yang kita bayangkan dan kita pikirkan langkah – langkah untuk mencapainya. Sedangkan hayalan adalah sesuatu harapan yang berada di awang – awang yang kita sendiri nggak tau bagaimana cara untuk meraihnya, dan hati kecil kita pun memungkiri bahwa kita bisa meraihnya.

Jadi kita harus banyak – banyak bermimpi? Jawabannya adalah tentu, tapi banyak bermimpi bukanlah sesuatu yang lebih baik bila dibandingkan memiliki satu impian tapi anda berani untuk terbangun dari mimpi itu, berdiri, berjalan, berlari, dan melompat untuk menggapai mimpi itu.

Bill Gates saat itu memiliki impian ia ingin di setiap rumah terdapat komputer dan program – program yang mendukung. Jadi ia ingin agar komputer tidak hanya dipakai di suatu instansi tertentu. Dan benar impiannya menjadi nyata karena ia tau bagaimana langkah untuk mewujudkannya. Thomas Alfa Edison punya harapan yang kuat agar bisa menerangi dunia di kala malam. Dan impiannya berhasil ketika ia mampu membuat bohlam lampu walaupun harus melalui berbagai kegagalan.

Jadi impian bukanlah suatu hayalan. Impian merupakan suatu hal yang harus dipikirkan bagaimana langkah untuk mencapainya. Impian merupakan suatu hal yang harus diperjuangkan untuk mencapainya.
Impian bukan berarti hayalan Impian bukan berarti hayalan Reviewed by Rival Ardiles on 23.26.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.