Minggu, 04 September 2011

Sudut Pandang

www.banguninspirasi.com - Jika saya memegang satu koin dan memperlihatkannya kepada anda. Misalkan anda berada di hadapan saya, lalu saya tanya apakah bentuk koin tersebut? Pasti anda menjawab kalau bentuk koin tersebut bulat. Anda benar.

Tapi ketika saya menanyakan hal serupa kepada teman anda yang berada di samping saya, namun koin tersebut tetap menghadap ke anda. Apa yang teman anda jawab?

Ternyata teman anda menjawabnya bahwa bentuk koin tersebut pipih.
Tentu tidak salah, karena jika dilihat dari samping koin tersebut tidak terlihat bulat tapi pipih. Bak anda maupun teman anda menjawab benar berdasarkan apa yang anda dan teman anda lihat. Mengapa demikian padahal benda yang saya tunjukkan sama yaitu sebuah koin?

Perbedaannya adalah sudut pandang. Anda melihat koin tersebut dari depan, sedangkan teman anda melihat koin tersbut dari samping.

Nah, kadang kita seringkali berdebat mengenai suatu hal, mengenai masalah yang sama. Kadang pula masing - masing dari kita merasa benar dengan pendapat kita dan menganggap pendapat orang lain itu sama sekali tidak benar. Bisa jadi pendapat orang lain pun benar hanya saja masing - masing orang memandang suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. Jadi intinya kita harus tetap menghargai pendapat orang lain.

- Rival Ardiles Sando -

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon