Kamis, 24 November 2011

Ibarat membuat kelinci lari cepat








www.bangininspirasi.com


"Jika kita mempunyai seekor kelinci setidaknya ada 2 hal yang bisa membuat kelinci itu lari cepat. Yang pertama diberi anjing di belakangnya dan yang kedua diberi wortel di depannnya."

Kedua cara tersebut memang bisa membuat kelinci lari cepat. Tapi apa perbedaan kedua cara tersebut?
Jika si kelinci diberi anjing di belakangnya tentu ia akan lari cepat dengan penuh ketakutan. Ia takut si anjing bisa mengejarnya dan menggigitnya. Dan ada kemungkinan si kelinci bisa lari keluar dari lintasannya karena ia tidak peduli ke mana ia berlari asalkan bisa menghindar dari kejaran si anjing.

Berbeda halnya ketika si kelinci berlari karena ada wortol di hadapannya. Si kelinci tentu akan berlari penuh semangat mengikuti wortol yang ditarik. Dan si kelinci akan berlari dalam lintasannya.

Nah, anjing bisa diartikan sebagai sebuah hukuman. Manusia akan bergerak tuk menghindari hukuman yang ada. Positifnya Jika ia menghindari hukuman dan bergerak ke arah yang baik. Sedangkan wortel bisa diartikan sebagai sebuah hadiah atau reward yang didapat ketika seseorang berhasil melakukan suatu hal.

Ketika seorang melakukan suatu hal karena menghindari hukuman tentu ia akan melakukan hal itu dengan terpaksa. Dan ada keinginan tuk keluar dari lingkungan di mana hukuman tersebut tidak berlaku. Tetapi sebaliknya ketika seorang melakukan suatu tindakan karena ingin mencapai sesuatu tentu ia akan fokus untuk suatu tindakan atau pekerjaan itu.

Sebenarnya kedua - duanya sama pentingnya. Baik hukuman maupun reward sama pentingnya untuk memacu seseorang ke arah yang lebih baik.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon