Gelap Mata ($_$)


gelap adalah teman sejati bagi sang malam,
Namun Gelap mata tentu tak ada kaitannya dengan itu.
Gelap mata adalah sebuah perumpamaan,

Oke, saya ingin bertanya, pernahkah ketika anda jalan - jalan di suatu tempat perbelanjaan ketika anda melihat sesuatu barang dan anda merasa tertarik sekali pada barang itu, misalkan baju. Tapi ketika anda pulang dan anda melihat barang yang anda beli tersebut anda malah beranggapan, "buat apa saya beli barang ini, ini kan ga butuh - butuh banget" itu yang anda pikirkan. Nah itulah contoh kasus gelap mata stadium 4.

Apa yang kita inginkan berbeda dengan apa yang kita butuhkan. Kadang kita digoda oleh apa yang kita inginkan, tapi belum tentu apa yang kita butuhkan.

Perbedaan antara orang kaya dan orang miskin kadang terletak dari bisa atau tidaknya mereka mengelola keuangan, bukan dari seberapa banyak penghasilan mereka.

Dulu ada seorang wanita asal Amerika Serikat, Ia mendapatkan undian senilai kurang lebih jika dirupiahkan jumlahnya 54 Milyar Rupiah. Itu jumlah yang sangat besar sekali. Apalagi di tahun 80-an. Tapi apa yang terjadi, beberapa taun berlalu, ternyata wanita itu hidup sebagai gelandangan di sana. Lalu bagaimana ia memperlakukan uang sebanyak itu hingga ia bisa jadi gelandangan ???
Dengan uang itu ia berfoya - foya, ke tempat - tempat hiburan, bergaya hidup glamor, dan ikut berjudi hingga uangnya habis dan ia menjadi gelandangan.

Tapi di sisi lain, di negeri paman Sam tersebut juga ada orang yang punya hutang hingga ratusan ribu dolar. Namun apa yang terjadi, setelah beberapa tahun berlalu justru namanya masuk di majalah Forbes sebagai 40 orang terkaya saat itu. Lalu bagaimana ia yang tadinya punya utang hingga ratusan ribu dolar Amerika bisa membalikkannya menjadi pendapatan jutaan dolar dan memasukkan namanya dalam jajaran 40 orang terkaya saat itu ??

Orang itu bernama Donald Trump, ia adalah pengusaha properti. Ia berhutang untuk memperbanyak aset. Dan ia bisa memanfaatkan aset yang dimilikinya menjadi pendapatan jutaan dolar.

Nah, sebenarnya prinsip atau pola pikir orang - orang yang bermental kaya sederhana yaitu,

I > T > K

Investasi harus lebih besar dari pada tabungan, dan tabungan harus lebih besar dari pada konsumsi. Namun kebanyakan dari kita justru terbalik, konsumsilah yang paling besar atau bahkan tidak ada sedikitpun untuk tabungan dan investasi.

Dan mulai sekarang, marilah kita coba untuk sebaik mungkin mengelola keungan demi masa depan.
Gelap Mata ($_$) Gelap Mata ($_$) Reviewed by Rival Ardiles on 12.25.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.