Fauzi Saleh, Pengusaha yang dermawan

Jika kita beranggapan bahwa pengusaha banyak yang mementingkan keuntungan pribadi, ternyata tidak juga. Fauzi Saleh aalah salah satu pengusaha yang memiliki sifat dermawan, terutama kepada karyawan-karyawannya.

Fauzi Saleh adalah pengusaha perumahan mewah Pesona Depok dan Pesona khayangan. Ia hanya lulusan SMP yang dibesarkan di Jakarta. Pada hari ulang taunnya yang ke 45 ia memberikan 50 unit mobil kepada sekitar 100 karyawan tetapnya. Selain itu para karyawan dan sekitar 2.000 buruh mendapat bonus sebulan gaji. Total dalam setahun, karyawan dan buruhnya mendapat 22 kali gaji sebagai tambahan. 3 bulan gaji saat idul fitri, 2 bulan gaji saat bulan ramadhan dan Idul Adha, dan 1 bulan gaji saat 17 agustus, taun baru, dan hari ulang taunnya. Jarang-jarang ada pengusaha dermawan sama karyawannya. Yang ada kebanyakan bosnya ganti-ganti mobil mewah, jalan-jalan keluar negeri, sementara karyawan lembur sampe pagi dengan penghasilan pas-pasan

Setamat SMP, ia sempat bekerja sebagai pencuci mobil di sebuah bengkel dengan gaji 700 per minggu. Bahkan ia sempat bekerja sebagai penjaga gudang di sebuah perusahaan. Lalu apa yang membuat roda kehidupannya berputar 180 derajat?

Prinsip "Bismillah" selalu ia pegang sejak ketika memulai usahanya pada tahun 1989. Berbekal uang simpanan dari hasil ngobyek sebagai tukang taman, sebesar 30 juta, ia lalu membeli tanah 6x15 meter sekaligus membangun rumah di Jakarta selatan.

Untuk membangun rumah itu, ternyata ia butuh uang tambahan 10 juta. Setiap malam jumat, Fauzi dan pekerjanya selalu melakukan wirid Yasin, dzikir, dan memanjatkan doa agar usahanya berhasil. Hingga singkat cerita, rumah yang beliau bangun laku 51 juta.

Uang hasil penjualan itu lalu dibelikan tanah lagi, ia membangun rumah lagi dan menjualnya kembali. Begitu seterusnya hingga pada tahun 1992 usahanya membesar. Ia mendirikan PT. Pedoman Tata Bangun dan mulai membangun 470 unit rumah mewah pesona Depok 1 dan 360 unit rumah pesona Depok 2. Lalu ia memnagun Pesina Khayangan. Kini ia telah membangun pesona Khayangan 1 sebanyak 500 unit dan Pesona Khayangan 2 sebanyak 1100 unit.

Harga rumah group pesona milik Fauzi tersebut antara Rp200 juta hingga Rp600 juta per unit. Yang menarik tradisi pengajian setiap malam jumat yang dilakukannya sejak awal, tidak ditinggalkan. Sekali dalam sebulan, dia menggelar pengajian akbar yang disebut dengan pesona dzikir yang dihadiri seluruh buruh, keluarga dan kerabat di komplek pesona khayangan pada beberapa waktu lalu, ada sekitar 4.000 orang yang hadir.

Fauzi tidak menginginkan hasil usaha untuk dirinya sendiri. “Saya hanya mengambil, sekedarnya, selebihnya digunakan untuk kesejahteraan karyawan dan sosial,” ucapnya. Sekitar 60 % keuntungan digunakan untuk kegiatan sosial, sedangkan selebihnya dipakai sebagai modal usaha. Sejak empat tahun lalu, ada Rp70 milyar yang digunakan untuk kegiatan sosial.

sumber: dari berbagai sumber di internet
Fauzi Saleh, Pengusaha yang dermawan Fauzi Saleh, Pengusaha yang dermawan Reviewed by Rival Ardiles on 18.18.00 Rating: 5

1 komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.