Sabtu, 27 Juli 2013

Ridwan Kamil, Profil Kreatif dan Inovatif

Bangun Inspirasi ~ Kali ini kita akan belajar dari sosok yang kreatif dan inofatif yang telah terpilih sebagai walikota Bandung. Ridwan Kamil, seorang arsitek yang karya-karyanya begitu indah. Sebut saja masjid Al Irsyad di Kota Baru Parahyangan, Museum Tsunami, dan lain sebagainya. Berikut adalah profilnya,

Ridwan Kamil lahir pada tanggal 4 Oktober 1971. Ia terbilang cukup cerdas, dengan masuk ke SMA 3 Bandung yang merupakan SMA favorit di kota Bandung. Setelah lulus kemudian ia menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB), mengambil jurusan Arsitektur.

Jurusan inilah yang nampaknya menjadi passionnya. Setelah lulus dari ITB, ia sempat bekerja di Amerika, tetapi hanya sekitar empat bulan saja. Setelah itu, ia meneruskan pendidikan di University of California, Berkeley. Ia menempuh pendidikan S2-nya sembari bekerja paruh waktu di departemen perencanaan kota Berkeley.

Pada Tahun 2002, Ridwan Kamil pulang kembali ke Indonesia. Dua tahun kemudian, bersama temannya, ia mendirikan perusahaan jasa konsultan perencanaan arsitektur dan desain yang diberinama PT. Urbane Indonesia. Perusahaan ini dipercaya untuk proyek-proyek besar di luar negeri seperti Syiria Al-noor Ecopolis di Syria, Suzhou Finansial District di China, dan lain sebagainya.

Tim Urbane terdiri dari para profesioanal yang berjiwa muda dan kreatif. Urbane telah banyak dianugerahi penghargaan internasioanal karena desain-desainnya yang mengagumkan. Selain itu, Ridwan Kamil bersama Urbane lebih memprioritaskan bangunan yang ramah terhadap lingkungan.

Dengan prestasinya di bidang arsitektur, Ridwan Kamil ditunjuk sebagai penasehat arsitektur kota Jakarta, Penasehat pembangunan kota Surabaua, selain itu ia juga ditunjuk sebagai penasehat ekonomi kreatif Taiwan dan diangkat sebagai ketua pelaksana pengembangan ekonomi kreatif di Jawa Barat.

Selain dari aktivitasnya di Urbane dan di bidang arsitektur, Ridwan Kamil juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial, terutama yang berkaitan dengan komunitas di Bandung. Ia adalah ketua Bandung Creatif City Forum (BCCF) yang merupakan wadah bagi berbagai komunitas di Bandung. Ia juga penggagas Indonesia berkebun, Indonesia bersepeda, dan lain sebagainya.

Dengan pengalamannya di berbagai negara, Ridwan Kamil ingin memberikan kontribusinya untuk Bandung yang merupakan tanah kelahirannya. Dengan berbagai program yang ia canangkan, ia ingin membuat kota Bandung menjadi kota yang JUARA. 

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon