Minggu, 04 Agustus 2013

Kisah Sukses Steve Jobs, Pendiri Apple

I pod, I phone, I pad, merupakan produk–produk dari Apple. Apple meluncurkan produk–produk berteknologi canggih yang tak terbayangkan sebelumnya. Perusahaan ini didirikan oleh seorang yang bernama Steve Jobs.

Bernama lengkap Steven Paul Jobs, ia lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februaru 1955. Ia mengembangkan perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak. Ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan produknya Apple II.

Ia dilahirkan di San Fransisco oleh ibunya Joanne Simpson dan ayahnya Abdulfattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi beliau diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View,Santa Clara County California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs. 

Pada saat kuliah di Reed College, ia menghabiskan harta orang tua angkatnya, karena biaya kuliah yang cukup mahal sementara orang tua angkatnya bukanlah orang yang kaya. Di sisi lain ia merasa pendidikan di kampus tak ada manfaatnya. Akhirnya ia memutuskan untuk berhenti kuliah. Tapi ia tak sepenuhnya meninggalkan kampus itu. Ia hanya mengikuti pelajaran yang sesuai minatnya, sementara saat itu ia tinggal menebeng di kamar kos temannya. Saat itu pula ia sempat belajar mengenai tipografi. Ia sangat menyukai pelajaran itu, walaupun saat itu tak tau apa manfaatnya. 

Kisah sukses Steve Jobs dimulai ketika berumur 20 tahun, ia memulai usahanya bersama Steve Wozniak. Mereka mulai mengembangkan Apple dari garasi. Dalam waktu 10 tahun, Apple berkembang menjadi perusahaan dengan aset 2 milyar dollar dan 4000 karyawan. Saat itu Apple mengeluarkan komputer Macintosh. Mac merupakan komputer pertama yang menggunakan tipografi yang beraneka ragam. Dan saat itulah ia baru menyadari manfaat belajar tipografi 10 tahun yang lalu. 

Pada usia 30 tahun, ia dipecat. Memang sangat menyakitkan dipecat dari perusaan yang ia bangun selama bertahun-tahun. Saat itu terjadi perbedaan pendapat di Apple dan komisaris pun tidak berpihak padanya, sehingga ia dipecat dari perusahaannya sendiri. 

Awalnya ia sempat merasa gagal, namun lima tahun kemudian ia berhasil mendirikan dua perusahaan besar, yaitu Next dan Pixar. Pixar merupakan perusahaan yang pertama meluncurkan film animasi komputer yaitu Toys Story. Dan saat itulah ia merasa dipecat dari Apple adalah takdir yang baik. 

Kemudian Apple membeli Next dan Steve Jobs pun kembali ke Apple. Setelah Steve Jobs kembali ke Apple, perusahaan itu pun menunjukkan peningkatan yang luar biasa dengan inovasi yang terus muncul. Hingga saat ini, Apple menjadi perusahaan yang terus berinovasi mulai dari I pod, I phone, hingga I pad yang merupakan komputer tablet pertama. Kisah sukses yang telah dicapai Steve Jobs bersama Apple adalah karena ia mencintai pekerjaannya. 

4 komentar

Kisah yang menarik sekali. Untuk cerita yang lebih lengkapnya, bisa dibaca di:
http://rumpitekno.com/2013/kisah-sukses-dibalik-apple-inc/

belajar dari sukses orang-orang besar adalah cara Anda melakukan pengembangan diri dan karir profesional

ijin copas ya.....
http://cumanbisacopas.blogspot.com/

Mimin, mantap nih infonya. Ijin rewrite ya. Nanti saya tambahin link dari website ini. Thanks sebelumnya.
:D

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon