Selasa, 20 Agustus 2013

Mencari Aman vs Mengikuti Passion

Ketika anda dihadapkan pada dua pilihan antara mencari aman dengan tetap bekerja di tempat kerja anda sekarang dan mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan, atau mengikuti passion yang merupakan panggilan jiwa anda?

Memang itu pilihan yang sulit dan tak mudah. Di satu sisi kita ingin mengikuti kata hati dengan bekerja sesuai dengan bidang yang kita inginkan. Tapi di sisi lain anda sudah mendapatkan penghasilan tetap dengan bekerja di tempat kerja anda. Apalagi jika anda sudah menikan dan punya anak, pasti itu adalah hal yang berat.

Tapi jika kita banyak membaca kisah orang-orang sukses, mereka adalah orang yang berani mengikuti kata hatinya. Banyak diantara mereka yang memutuskan untuk berhenti kuliah untuk menjalankan usaha sesuai dengan passion masing-masing. Banyak pula yang sukses di bidang yang sama sekali tak berkaitan dengan latar belakang pendidikan masing-masing. Dengan membaca kisah-kisah orang sukses membuat kita memiliki keyakinan untuk memilih jalan hidup kita.

Ada satu prinsip yang membuat kita berani untuk mengambil keputusan sesuai dengan kata hati kita. Yaitu "believe" atau percaya. Ya, kita harus percaya dengan mengerjakan apa yang kita cintai maka hasilnya akan maksimal. Kita juga harus percaya bahwa rejeki itu bukan dari bos, tapi dari Allah. Dan pintu rejeki itu ada di setiap penjuru.

Saya jadi ingat pidato Steve Jobs di sebuah universitas, kurang lebih kutipannya seperti ini,

“Anda harus menemukan apa yang anda sukai. Itu berlaku baik untuk pekerjaan maupun pasangan hidup anda. Pekerjaan anda akan menghabiskan sebagian besar hidup anda, dan kepuasan sejati hanya bisa diraih dengan melakukan sesuatu yang hebat. Dan anda hanya bisa hebat dengan melakukan apa yang anda sukai.Hati anda akan mengatakannya jika anda telah menemukannya.

Waktu hidup terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain. Jangan terperangkap dengan dogma-yaitu hidup bersandar pada hasil pemikiran orang lain. Jangan biarkan omongan orang menulikan anda sehingga tidak mendengar kata hati anda, maka anda pun akan sampai pada apa yang anda inginkan. Semua hal lainnya hanya nomer dua.” 

Ya, hidup itu terbatas. Jadi jangan sia-siakan waktu kita untuk sesuatu yang tidak kita cintai.

"Do what you love or love what you do"

Jadi apa pilihan anda, mencari aman atau mengikuti passion?

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon