Kepastian dan Ketidakpastian

Kepastian atau ketidak pastian, Anda pilih yang mana?

Pasti kebanyakan orang tentu akan memilih kepastian, yang pasti-pasti aja. Contohnya banyak orang yang amat mendambakan profesi sebagai karyawan tetap atau bahkan PNS. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah mereka benar-benar mendambakan pekerjaan itu. Jika benar, mengapa masih banyak yang membolos saat hari kejepit nasional, mengapa masih banyak yang mengeluh soal pekerjaan dan penghasilan, bukankah hidup ini adalah pilihan. Tentu kebanyakan yang mereka cari adalah kepastian gaji tetap setiap bulan, dan kepastian mendapatkan dana pensiun saat pensiun. Tapi apakah kepastian lebih baik dari pada ketidak pastian?

Mungkin anda adalah penggemar sepakbola, sama seperti saya. Bagi para penggemar bola tentu akan lebih seru jika kita menonton pertandingan siaran langsung dibandingkan dengan siaran tunda. Karena siaran tunda kita sudah tau hasilnya, walaupun tim favorit kita menang, tapi kita lebih suka menonton saat siaran langusng yang hasilnya kita belum tau pasti. Apalagi pemainnya, si pemain juga akan berusaha keras jika mereka belum tau hasil pertandingan di menit akhir. Tapi jika hasilnya mereka sudah tau, tentu akan kurang semangat. Mungkin ini salah satu penyebab kenapa kadang-kadang gaji pasti bikin kurang semangat.

Atau contoh lain begini, kita semua tidak tau pasti apakah akan masuk surga atau neraka. Bayangkan jika semua manusia sudah tau pasti akan masuk surga, tentu banyak orang yang bermaksiat. Begitu pun sebaliknya.  

Berarti kepastian belum tentu lebih baik, karena jika kita tidak tau apa hasil dari yang kita kerjakan, maka kita akan berusaha maksimal untuk menggapainya.

 
Kepastian dan Ketidakpastian Kepastian dan Ketidakpastian Reviewed by Rival Ardiles on 07.22.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.