Senin, 23 Desember 2013

Perbedaan Hobi dan Passion


Banguninspirasi.com ~ Saat ini banyak orang yang mempertimbangkan mengikuti passion untuk menentukan karirnya. Sebenarnya apa sih yang disebut passion.

Passion menurut saya adalah suatu bidang yang munculnya dari dalam hati. Dimana kita selalu merasa enjoy saat mengerjakan hal itu, selalu merasa ingin berkembang, dan selalu berusaha memberikan yang terbaik. Banyak orang yang telah bekerja sesuai passion entah itu seorang penulis, fotografer, pelukis, musisi, dan lain sebagainya.

Tapi apakah passion sama dengan hobi?

Sebenarnya passion berbeda dengan hobi. Menurut Rene Suhardono, hobi itu ibarat pekarangan rumah dan passion itu ibarat rumahnya. Jadi orang yang mengerjakan hobi hanya ada di pekarangannya saja, sedangkan orang yang benar-benar mengikuti passionnya ibarat telah berada di dalam rumah.

Berikut Perbedaan hobi dan passion :

> Hobi mengeluarkan uang, sedangkan passion bisa menghasilkan uang
  Contoh, orang yang hobinya main golf pasti mengeluarkan uang, sementara orang yang passionnya main golf ia akan berusaha menjadi pemain golf dan menghasilkan uang

> Hobi hanya sebatas aktifitas untuk mengurangi stress, sementara passion itu menjiwai pada suatu bidang,
  Seorang karyawan yang setiap akrhir pekan traveling adalah hobi, sementara seorang yang menjiwai dengan menjalankan usaha travel adalah passion.

> Hobi hanya untuk diri kita sendiri, sementara passion itu kita berusaha memberikan pengaruh pada banyak orang melalui bidang yang kita suka.
  Jika kita mempunyai hobi menulis itu pengaruhnya hanya untuk diri kita sendiri, tapi jika passion kita menulis, kita akan berusaha memberikan pengaruh bagi sebanyak mungkin orang yang membacanya.

Itulah sedikit perbedaan antara hobi dan passion. Mungkin setiap orang punya hobi dan mengerjakan hobinya, tapi banyak orang juga yang punya passion namun mengabaikan kata hatinya untuk mengikuti passion. Hidup itu pilihan, apakah kita akan mengikuti passion atau hanya sekedar mengerjakan hobi di waktu luang semata.


2 komentar

Ijin share juga ya...sangat menarik...trims

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon