Sejarah Berdirinya Google Hingga Saat ini


Banguninspirasi.com ~ Jika sebelumnya kita membahas tentang awal mula berdirinya Youtube. Kali ini kita akan membahas awal mula atau sejarah berdirinya Google. Perusahaan yang juga telah mengakuisisi Youtube.

Google amat terkenal dengan layanan search engine. Bahkan google merupakan website yang paling banyak digunakan oleh orang. Namun fakta yang perlu diketahui adalah bahwa saat pertama kali didirikan oleh Lary Page dan Sergey Brin, Google berkantor di garasi, seperti halnya Youtube.

Sejarah berdirinya Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Stanford University, Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Lary Page dan Sergey Brin memutuskan untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka. Ini menjadi awal bagi mesin pencari yang mereka buat. Kemudian Mereka secara resmi mendirikan perusahaan Google Inc. pada 7 September 1998. Mereka memulai mengerjakannya digarasi.

Google semakin populer digunakan sebagai mesin pencari. Tampilan yang sederhana membuat orang nyaman untuk menggunakannya sebagai mesin pencari.

Selain menyediakan layanan search engine, kemudian google mengakuisisi Blogger dari Pyra Labs.  ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.
Tahun 2006, Google berpindah ke perkantoran seluas 28.900 m² di New York City, tepatnya 111 Eighth Ave. di Manhattan. Mereka pun mengakuisisi Youtube yang merupakan situs untuk mencari dan mengupload video. Dominasi google semakin berkembang dengan semakin banyaknya layanan yang dikeluarkan, seperti Google mail, google drive, google adwords, google adsense, dan lain sebagainya.

Namun tak semua pengembangan yang dilakukan google berhasil. Google pernah membuat jaringan sosial yang digadang-gadang akan menyaingi facebook. Mereka menamainya Google Wave. Namun upaya itu tak berhasil, bahkan Google Wave telah ditutup. Namun google tak berhenti sampai disitu. Mereka pun meluncurkan Google+ yang kini cukup sukses disejajarkan dengan situs sosial media lainnya.

Penghasilan terbesar google berasal dari para pengiklan yang menggunakan google adwords. Pendirinya pun masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia.

Walaupun dimulai dari sebuah garasi, namun google mampu menjadi perusahaan raksasa. Bahkan kantornya pun saat ini amat luas dan menjadi kantor ternyaman di dunia.

Sejarah Berdirinya Google Hingga Saat ini Sejarah Berdirinya Google Hingga Saat ini Reviewed by Rival Ardiles on 11.46.00 Rating: 5

1 komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.