Senin, 30 Desember 2013

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru.


Banguninspirasi.com ~ Tak lama lagi tahun 2013 akan segera berakhir dan berganti ke tahun 2014. Setiap pergantian tahun, selain pada heboh mempersiapkan perayaan taun baru, sebagian orang menyiapkan resolusi untuk tahun depan.

Setiap akrhir tahun memang banyak orang yang membuat resolusi atau perencanaan target apa yang bisa dicapai di tahun depan. Namun seringkali resolusi hanya sekedar resolusi. Begitu bulan demi bulan berlalu kita lupa akan resolusi tersebut. Dan akhirnya banyak target yang meleset.

Berikut saya paparkan tips membuat resolusi tahun baru agar target-target yang kita ingin capai benar benar tercapai atau bahkan terlampaui,

> Tulis pada Lembaran kertas
  Jika kita hanya memikirkan resolusi apa yang kita capai, besar kemungkinan kita akan lupa. Penting untuk menulis pada lembaran kertas tentang resolusi apa yang kita inginkan.

> Tulis point per point penting
  Untuk menulis resolusi, tulislah point per point apa saja resolusi kamu. Tapi saringlah, jangan terlalu banyak menulis point tersebut. Pilihlah apa yang paling kita inginkan untuk dicapai di tahun depan.

> Realistis
  Resolusi yang ingin kita capai tentu haruslah realistis. Realistis bukan berarti pesimis. Jika anda ingin punya penghasilan 1 milyar per bulan, sementara saat ini masih UMR boleh-boleh saja. Jika anda tau dengan jalan mana anda meraihnya.

> Spesifik
  Buat resolusi yang spesifik. Jangan menulis resolusi yang masih samar-samar. Misalkan anda menulis tahun depan harus sukses. Itu tentu belum spesifik. Sukses sebagai apa? meraih apa?

> Buat langkah-langkah
  Dari masing-masing point, buatlah langkah-langkah untuk mencapai target tersebut. Jika kita dari lantai satu ingin ke lantai 10 tentu harus tau langkah-langkahnya lewat mana saja.

> Kaitkan dengan waktu
  Dari masing-masing point, buatlah target waktu pencapaiannya. Atau lebih baik jika detail, dituliskan waktu di setiap langkah-langkahnya.

> Evaluasi
  Setelah anda menulis resolusi. Lakukan evaluasi dengan realita yang anda jalankan nantinya.

> Disiplin
  Tentu kita harus disiplin menjalankan resolusi tersebut. Jika kendur, maka akan semakin jauh dari resolusi itu. Jika perlu, lakukan reward and punbishment. Beri hadiah pada diri anda setiap anda mencapai target, dan beri hukuman jika anda tidak mencapai target.

Demikianlah beberapa tips untuk menulis resolusi saat tahun baru. Agar resolusi yang kita tulis dapat terwujud. Sebenarnya tips ini untuk pribadi, tapi semoga bermanfaat untuk kita semua.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon