Awal Mula Sejarah Sukses Android

Banguninspirasi.com ~ Saat ini banyak pengguna ponsel yang menggunakan Android sebagai Operating sistemnya. Tapi sebagian besar kita mungkin tak tau bagaimana sejarahnya android? Siapa penggagasnya?

Android awalnya dibuat oleh Andi Rubin dan beberapa temannya melalui sebuah perusahaan kecil yang mereka dirikan.

Profil Andi Rubin


Andi Rubin sebenarnya sudah malang melintang di dunia IT. Setelah lulus kuliah, ia bekerja di Carl Zeiss A.G. sebagai bagian di divisi robotika. Kemudian ia bekerja di Apple, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs. Awalnya ia ditempatkan di bagian manufaktur, kemudian dipindahkan ke bagian riset.

Pada tahun 1990, Apple membentuk anak perusahaan yang bfokus pada pengembangan perangkat komunikasi. Perusahaan itu bernama General Magik. Rubin pun ikut menjadi bagian disana.

Beberapa pengembang di General Magic kemudian mendirikan Artemis Research yang berupaya menggabungkan TV dengan internet. Saat microsoft membeli Artemis, Rubin pun bergabung dengan perusahan raksasa itu.

Pada tahun 1999, Rubin keluar dari WebTV. Bersama beberapa temannya, Rubin Kemudian mendirikan Danger Inc dan mengembangkan perangkat yang bernama Sideckick. Perangkat tersebut bisa men-scan sebuah benda dan mendapat informasi soal benda itu dari internet. Di tahun 2008, Danger Inc dibeli oleh Microsoft untuk mengembangkan ponsel yang bisa menyaingi Iphone dan Blackberry. Namun setelah produknya diluncurkan, gagal mendapat sambutan dari masyarakat.

Awal Mula Android

Di tahun 2004, Rubin mendirikan Android dan mengembangkan operating sistem untuk mobile phone. Dan di tahun 2005, Android dibeli oleh Google. Bersama Google, Android semakin berkembang. Mereka menggunakan platform linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.

Pada bulan nopember 2007, terbentuklah Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari beberapa perusahaan : Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, T-Mobile dan Texas Instruments. Mereka membuat open standart bagi mobile phone. Mereka pun mengumumkan produk pertama mereka, yaitu Android yang berbasis Linux kernel versi 2.6.

Bulan Desember 2008, bergabunglah 14 perusahaan lainnya yaitu : ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PacketVideo, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Hal ini merupakan langkah besar dalam sejarah Android untuk menjadi pemimpin dalam sistem operasi mobile phone.

Setelah itu, Android terus memperbaiki dan memperbarui produknya hingga muncul versi-versi berikutnya. Begitulah sejarah Sukses Android hingga menjadi seperti sekarang ini.

Awal Mula Sejarah Sukses Android Awal Mula Sejarah Sukses Android Reviewed by Rival Ardiles on 23.21.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.