Cara atau tips kerja efektif

Banguninspirasi.com ~ Pernahkah kita mengerjakan sesuatu namun tak kunjung beres. Atau beres dalam waktu yang lama dari yang telah ditentukan. Jika begitu, kita harus identifikasi apa masalahnya. Mungkin karena kita sering menunda, atau karena kita tidak fokus mengerjakannya. Berikut beberapa tips atau cara agar kerja efektif :

1. Buat target
   Jika kita mengerjakan sesuatu tanpa target akan mudah kehilangan arah. Kita harus tentukan dulu target dari hasil pekerjaan kita, apa yang akan kita bereskan, apa tujuannya dan kapan selesainya.

2. Buat rencana / schedule
   Dari target yang telah kita buat lalu kita buat rencana atau schedule. Jadi setiap hari kita punya target progres yang harus kita selesaikan. Pantau terus agar tak meleset dari schedule. Jika hari ini pencapaian kita kurang, maka di hari berikutnya harus melampaui.

3. Fokus dan disiplin
   Ketika kita mengerjakan sesuatu maka fokuslah dan disiplin pada pekerjaan itu. Tentu membutuhkan komitmen karena pasti ada godaan yang membuat kita tak fokus. Entah itu masalah pribadi, penyesalan atas masa lalu atau kekhawatiran terhadap masa depan.

4. Reward and punishment
   Sudah lumrah apabila manusia mengejar nikmat dan menghindari sengsara. Maka untuk memotivasi diri kita bisa berikan hadiah pada diri kita apabila berhasil mencapai atau melampaui target. Tapi sebaliknya, kita bisa beri hukuman apabila kita tidak mencapai target yang kita rencanakan.

Selain dari hal di atas kita pun harus tau ilmunya bagaimana menyelesaikan pekerjaan kita dengan efektif. Sebagai contoh jika kita tak tau bagaimana caranya membuat onde-onde mungkin kita akan tempelkan satu per satu wijen yang ada di onde-onde. Tapi kalau kita tau caranya pasti akan jauh lebih cepat. Itu cuma contoh simplenya saja. Semoga bermanfaat :)

Cara atau tips kerja efektif Cara atau tips kerja efektif Reviewed by Rival Ardiles on 07.57.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.