Kamis, 23 Januari 2014

Cara Kendalikan Emosi


Banguninspirasi.com ~ Kadang, ketika ada suatu hal yang tak sesuai dengan keingan kita bisa memunculkan emosi  yang memaksa tuk meletup. Apalagi jika banyak masalah yang harus kita hadapi. Tapi emosi takkan bisa menyelesaikan masalah. Emosi justru akan menambah masalah yang sudah ada.

Banyak orang yang tidak bisa mengendalikan emosi sehingga mengeluarkan reaksi negatif pada sekitarnya. Mulai dari marah-marah, membanting barang-barang, hingga melakukan kekerasan. Dan itu justru yang membuat orang itu semakin banyak masalahnya.

Contoh lain yang mungkin sering kita lihat adalah ketika pemain bola sudah dikuasai emosi, pasti permainannya terganggu, apalagi bisa kena kartu dan dikeluarkan wasit. Lalu, bagaimana cara mengendalikan emosi?

Cara Menegendalikan Emosi

1. Buat diri anda tenang

   Anda bisa tarik nafas secara perlahan, lalu keluarkan. Rasakan kesejukannya, bayangkan diri anda sedang berada di pegunungan yang udaranya sejuk. Buat diri anda setenang mungkin

2. Menerima apa yang terjadi

   Sadarilah semua yang terjadi pada diri kita, apa yang membuat kita emosi. Terimalah itu sebagai takdir dari Yang Maha Kuasa. Pikirkan juga apa yang masih bisa anda syukuri.

3. Fokus pada solusi

   Jangan terlalu lama memikirkan masalahnya. Karena masalah takkan beres jika hanya dipikirkan saja, jika hanya disesali. Tapi fokuslah pada solusi apa yang bisa anda buat untuk meminimalisir atau menghindari dampak yang terjadi dari masalah itu.

Itulah beberapa cara untuk mengendalikan emosi yang bisa anda lakukan. Mungkin anda punya cara sendiri untuk mengendalikan emosi?

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon