Cara Menyikapi Resiko


Banginspirasi.com ~ Segala sesuatu yang kita kerjakan pasti ada resikonya dengan frekuensi masing-masing. Kita mau naik motor, resikonya kecelakaan. Tapi kalo nggak naik kendaraan resikonya telat. Bahkan kalau diam saja dirumah pun ada resikonya. Tidur pun ada resikonya.

Karena segala hal pasti ada resikonya. Fokus kita seharusnya adalah tujuan yang kita miliki. Selama kita punya tujuan, kita harus bisa manage resiko yang ada.

Resiko bukan sesuatu yang harus ditakuti atau dihindari. Setiap kali kita mengerjakan suatu hal atau menuju tujuan kita, pasti ada resikonya yang harus kita lewati. Kita tinggal pertimbangkan seberapa besar tujuan kita dibandingkan resikonya.

Jika tujuan lebih besar dibandingkan resiko tentu kita harus berani menghadapi resiko itu. Dan yang perlu kita ingat bahwa resiko yang kita ambil harus diminimalisir dahulu. Tapi sebaliknya, jika tujuan jauh lebih kecil dari pada resiko, buat apa kita mempertaruhkan hidup kita.

Sebagai contoh ketika kita hendak berangkan naik kendaraan ke kantor. Ada resiko kecelakaan. Tapi karena tujuan kita penting, maka resiko itu harus kita hadapi, dan sebelumnya harus kita minimalisir terlebih dahulu. Misalkan dengan berkendara memakai helm atau sabuk pengaman jika naik mobil. Lain halnya jika anda ingin loncat dari jembatan karena mencari tantangan semata. Resiko jauh lebih besar dibandingkan tujuan. Itu sebaiknya yang perlu dihindari.

Dalam hal memulai usaha pun pasti beresiko. Tapi jika tujuan kita begitu kuat untuk memulai usaha maka kita harus berani mengambil resiko tersebut. Tapi jangan lupa untuk meminimalisir resiko. Misalkan dengan banyak belajar dari pengusaha yang sudah berpengalaman, ataupun mulai dengan modal yang kita miliki dahulu.
Cara Menyikapi Resiko Cara Menyikapi Resiko Reviewed by Rival Ardiles on 23.22.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.