Rabu, 29 Januari 2014

Kisah Sukses Pendiri Yahoo

Banguninspriasi.com ~ Bagi kita para pengguna internet pastinya mengenal nama Yahoo. Yahoo memberikan banyak layanan dari mulai search engine, email, berita, dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda siapakah pendiri Yahoo? Bagaimana kisah sukses Yahoo hingga bisa seperti sekarang?

Pendiri Yahoo

Yahoo merupakan singkatan dari Yet Another Hierarchical Olficious Oracle. Didirikan oleh 2 orang yang bernama Jerry yang & David Filo pada tahun 1994. Jerry Yang merupakan keturunan Taiwan yang lahir dan dibesarkan di San Jose, California, Amerika Serikat. Pada tahun 1993 Jerry melanjutkan pendidikan di Stanford University dengan mengambil program Ph.D Elektrikal Engineering.

Sementara David Filo lahir di Amerika Serikat pada 20 April 1966. Jerry dan David yang mendapat gelar philosophiae doctor dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Stanford.

Awal mula Kisah Sukses berdirinya Yahoo

Jerry Yang bersama David Fillo menyukai kegiatan surving di internet. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Namun mereka sering kesulitan mencari sesuatu yang ingin mereka cari di internet. Jerry dan David pun mengumpulkan link-link dengan membuat indeks dari situs yang mereka kunjungi.

Mereka mengumpulkan link-link itu begitu banyak. Untuk memudahkan mencarinya, mereka membaginya menjadi beberapa kategori, kemudian dibuat lagi sub kategorinya. Dan mereka memasukkan data-data itu ke dalam situs yang mereka bikin. Awalnya situsnya diberi nama Jerry's Guide to the World Wide Web. Tapi nama itu terlalu panjang. Akhirnya merka menggunakan nama Yahoo yang merupakan singkatan dari yet another hierarchical oficious oracle. Di situs itu orang bisa mencari sesuatu di internet.

Pada awalnya, situs tersebut hanya dipakai oleh kepentingan mereka pribadi. Namun mereka menyadari bahwa situs itu juga bisa digunakan oleh banyak orang. Mereka pun mengembangkannya sebagai software mesin pencari.

Pada tahun 1994, Yahoo berhasil menjadi situs yang dikunjungi 1 juta pengunjung per hari. Awalnya mereka menyimpan data situ stersebut di server komputer kampus. Namun dengan semakin banyaknya pengunjung mereka pun menyewa server luar untuk menjalankan bisnis itu.

Sekarang Yahoo telah menjadi perusahaan yang sangat besar. Layanannya pun semakin meluas, jika dahulu hanya searc engine, kini Yahoo memberikan jasa email, news, dan berbagai jasa lainnya. Setiap bulannya ada 232 juta pengguna internet yang memakai jasa Yahoo!. Penghasilan Yahoo pun terus meningkat. Pada tahun 2000 saja kekayaan Jerry Yang sekitar 5,85 miliar dolar As, Sementara Filo pada tahun 2011 diperkirakan memiliki kekayaan senilai $1,4 miliar.

Siapa sangka dari ide sederhana dan awalnya hanya untuk kepentingan sendiri bisa menjadi perusahaan yang amat besar dengan penghasilan yang juga sangat besar dan menjadi perusahaan yang layanannya digunakan banyak orang.

1 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon