Lebih baik menyalakan lilin dari pada mengutuk kegelapan


Banguninspirasi.com ~ Jika di suatu malam listrik di rumah kita mati apa yang akan kita lakukan? APa kita akan menggerutu dan mengutuk PLN yang melakukan pemadaman? Jika begitu, apa kondisi berubah? Tentu tidak, yang ada kita capek sendiri.

Tentu yang harus kita lakukan adalah menyalakan lilin. Walaupun tak seterang lampu, tapi setidaknya dengan menyalakan lilin kita masih bisa melihat seisi ruangan walau redup.

Dalam hidup, seringkali kita menyalahkan pemerintah atas ekonomi kita, atau ketika ada masalah kita selalu menyalahkan faktor eksternal. Tanpa kita sadari apa yang kita lakukan takkan bisa mengubah situasi. Kita cuma ibarat komentator sepakbola yang sebenarnya juga tak bisa bermain bola dengan baik. Atau seperti buruh yang menuntut upah naik tapi kerja asal-asalan. Ataupun mahasiswa yang berdemo menuntut pemerintah tapi sering bolos kuliah.

Kita begitu mudah menyalahkan orang lain atas kekurangan yang ada di hidup ini. Tapi seringkali kita lupa bercermin kalau kita belum berbuat sesuatu untuk hidup ini.

Menyalakan lilin mungkin contoh yang sederhana, simple dan tak terlalu merubah banyak. Tapi setidaknya berkontribusi memberikan cahaya di tengah kegelapan. Dalam hidup pun rasanya kita harus memberikan cahaya walau bentuknya sederhana, entah lewat tenaga, uang, atau ide.

Lebih baik menyalakan lilin dari pada mengutuk kegelapan Lebih baik menyalakan lilin dari pada mengutuk kegelapan Reviewed by Rival Ardiles on 23.18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.