Selasa, 14 Januari 2014

Makna Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Banguninspirasi.com ~ Hari ini adalah peringatan Maulid Nabi Muhammad. Banyak orang yang merayakannya mulai dari perayaan kecil hingga perayaan besar, tapi tak sedikit juga orang yang membid'ahnya dan melarangnya untuk dirayakan. Apapun itu, yang pasti kita bisa memetik makna dari peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini.

Nabi Muhammad adalah contoh dan suri tauladan yang harus kita ikuti. Seperti yang dijelaskan di Surat Al Ahzab ayat 21,

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah. (al Ahzab 21)

Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diperklirakan pertama kali diperkenalkan Abu Said Al-Qakburi, seorang gubernur Irbil di Irak pada masa pemerintahan SUltan Slahuddin Al Ayyubi. Ada juga yang berbendapat gagasan itu berasal dari Sultan Salahuddin yang bertujuan untuk membangkitkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dan mengangkat semangat kaum muslimin yang sedang berjuang di perang Salib.

Makna Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad mengajak umat islam untuk mengenal sejarah hidup Rasulullah dan mengikuti keteladannya. Karena Nabi Muhammadlah yang menjadi teladan bagi kita semua. Dialah yang menyampaikan wahyu sehingga umat islam kini tersebar di seluruh penjuru dunia.

Berikut beberapa prinsip keteladanan Rasulullah yang perlu kita contoh :

1. Bersungguh-sungguh menjalani hidup untuk kebahagiaan akhirat

Beliau sangat serius dalam menjalankan ibadah, walaupun sudah dijamin masuk surga. Seringkali kaki Rasulullah terlihat bengkak karena terlalu lama berdiri ketika sholat tahajud di malam harinya. Beliau juga totalitas dalam menjalankan ibadah lainnya, sedekah, puasa, dan lainnya.

2. Tidak melalaikan kehidupan dunia

Tak hanya untuk kehidupan akhirat. Kewajiban di kehidupan dunia pun beliau jalani secara maksimal. Bersilaturahmi, menjadi pemimpin keluarga yang baik, dan lain sebagainya.

3. Selalu berbuat baik

Nabi Muhammad adalah orang yang pemaaf dan tidak pendendam. Bahkan dicaci dan dihina sekalipun beliau haya diam tidak menjawab. Beliau selalu bersikap baik kepada sesama manusia.

4. Memelihara kelestarian alam dan lingkungan

Rasulullah juga peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan. Beliau melarang pasukan muslim menebang/membakar pohon atau merusak tempat ibadah atau bangunan pada setiap peperangan dan ekspansi yang terjadi.

Itulah beberapa prinsip dasar yang perlu kita teladani dari Rasulullah. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang selalu mengikuti contoh dan keteladanan Rasulullah dalam menjalani hidup ini.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon