Selasa, 07 Januari 2014

Merugikan Perusahaan Jutaan dollar, Namun tidak dipecat

Banguninspirasi.com ~ Menyelesaikan masalah tidak harus selalu dengan emosi. Justru dengan menggunakan emosi masalah itu semakin rumit bukannya selesai. Setidaknya hal itu yang dilakukan oleh pendiri IBM Tom Watson.

Suatu ketika di perusahaan komputer tersebut ada salah seorang karyawan yang melakukan kesalahan. Tak main-main, kesalahan tersebut membuat perusahaan merugi jutaan dollar.

Kemudian Tom Watson sebagai bos memanggil karyawannya tersebut. Si karyawan tentu merasa amat bersalah sekali dan merasa ia bakal dipecat. Ia pun berkata pada bosnya, "Pak, bapak pasti mau memecat saya."

Namun apa jawaban Tom Watson? Ia justru malah menjawab, "Hahaha, kamu becanda. Saya sudah mengeluarkan uang jutaan dollar untuk mendidik kamu, mana mungkin saya memecat kamu," ucapnya seolah enteng.

Bagi sebagian besar orang mungkin menilai sikap Tom Watson ini gila. Namun faktanya karyawan yang tadinya melakukan kesalahan justru karirnya semakin berkembang dan semakin baik dalam pekerjaannya. Tom menganggap bahwa kesalahan yang dilakukan oleh karyawannya sebagai suatu pelajaran, dan ia berhasil.

Coba bayangkan, jika Tom memecat karyawan itu. Mungkin kerugian jutaan dollar tak ada manfaatnya. Karena begitu posisi si karyawan digantikan oleh yang lain pun bisa saja melakukan kesalahan. Sementara karyawan yang tadi telah belajar dari kesalahan itu.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon