Senin, 20 Januari 2014

Profil Andy Noya, Host Kick Andy

Banguninspirasi.com ~ Andy F Noya, terkenal lewat acara yang dibawakannya, Kick Andy. Acara tersebut menjadi acara yang inspiratif dengan menghadirkan bintang tamu dan mengupas kisah suksesnya. Lalu bagaimana dengan kisah sukses Andy Noya sendiri? Bagaimana profil Andi Noya?

Profil Andy F Noya

Pria yang bernama lengkap Andy Flores Noya lahir di Surabaya tanggal 6 November 1960. Ia lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya adalah seorang tukang servis mesin tik dan ibunya seorang penjahit.

Andy Noya adalah anak bungsu dari 5 bersaudara. Keinginannya untuk menjadi jurnalis telah terlihat saat ia masih kecil. Saat itu ia gemar tulis-menulis menggunakan mesin tik saat ia duduk di sekolah dasar.

Ia melanjutkan pendidikan di Sekolah Teknik Negeri Jayapura. Saat di Jayapura Andy Noya gemar mengarang dan menggambar, ia pernah menjuarai lomba mengarang dan menggambar kariukatur. Andy melanjutkan ke sekolah Teknik Mesin Negeri 6 di Jakarta. Ia mendapat nilai akademis yang baik, bahkan menjadi salah satu lulusan terbaik di sekolah tersebut.

Meski ia berasal dari sekolah teknik, namun ia ingin menjadi wartawan. Andy Noya pun mendaftar Sekolah Tinggi Publistik walau pada saat itu ia mendapat beasiswa di IKIP Padang. Namun ia ditolak lantaran berasal dari sekolah teknik. Tapi ia tak menyerah, Andy mendatangi rektor dan menceritakan keinginannya. Akhirnya Andy Noya diberi kesempatan oleh rektor tersebut jika ia meminta rekomendasi dari Dirjen Pendidikan Tinggi. Andy pun berhasil diterima di Program Diploma 3STP berkat rekomendasi dari Dirjen Pendidikan Tinggi namun dengan syarat nilainya tidak boleh jelek, jika jelek ia langsung di drop out.

Saat semester 3 ia diterima menjadi reporter majalah Tempo. Andy kemudian berhenti kuliah dan meniti karir sebagai wartawan. Ia sempat menjadi reporter majalah Swa Sembada, Harian Bisnis Indonesia kemudian menjadi asisten redaktur sebelum menjadi redaktur di Harian tersebut. Andy Noya juga pernah menjadi redaktur majalah Matra, yang kemudian menjadi koordinator reportase, dilanjutkan menjadi redaktur pelaksana di majalah tersebut. Setelah itu kemudian ia berkarir di Media Indonesia pada tahun 1992.

Saat di Media Indonesia, ia sempat menjadi redaktur eksekutif, redaktur ekonomi, ketua tim berita keuangan, penjap edisi minggu, redaktur edisi minggu, dan pejabat sementara asisten redaktur.

Pada tahun 1998, Andy F Noya memberikan usulan pada Surya Paloh untuk mendirikan stasiun televisi. Andy F noya pun menjadi pemimpin redaksi di Metro TV walau sebelumnya sempat bekerja di RCTI untuk memimpin Seputar Indonesia.

Selain memimpin redaksi Metro TV, ia pun saat itu menjadi wakil pemimpin umum di Media Indonesia pada waktu yang sama. Kemudian Surya Paloh menantangnya untuk tampil memandu acara di layar kaca. Saat itu Andy sempat ragu. Namun ternyata talksow yang dibawakannya yang berjudul Kick Andy cukup sukses.

Kemudian Andy Noya mengundurkan diri dari posisinya sebagai pemimpin redaksi di Metro TV. Tapi ia tetap menginspirasi melalui acara yang dibawakannya, Kick Andy.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon