Kamis, 16 Januari 2014

Setiap individu punya kemampuan masing-masing

Banguninspirasi.com ~ Di sebuah hutan diadakan olimpiade para binatang. Ada banyak cabang yang dipertandingkan. Pertandingan pertama adalah lomba lari. Siapa yang menang, yang menang adalah macan. Si macan berhasil mengalahkan hewan lainnya seperti monyet, rusa, ikan, kura-kura, elang, dll.

Kemudian pertandingan berikutnya adalah panjat pohon. Siapakah yang menang, ternyata yang menang monyet yang dengan cepat memanjat pohon.

Pada pertandingan renang ikan mendominasi dan merebut semua medali. Sedangkan di lomba terbang si burung yang menang dan tak terkalahkan.

Cerita di atas tentu saja hanya karangan. Tapi makna yang bisa kita petik dari cerita di atas adalah setiap hewan memiliki kemampuannya masing-masing. Tak ada yang bisa sombong karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam suatu bidang.

Manusia pun memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ada orang yang pandai bicara tapi kecerdasannya lebih pandai yang tidak pandai bicara. Ada yang jago soal matematika tapi kalah soal sosial, dan lain sebagainya. Di dunia ini kita hidup saling melengkapi. Yang terpenting bagi kita bukan menyombongkan diri dan merendahkan orang lain yang memiliki kekurangan dalam suatu bidang. Tapi memberikan kontribusi dalam bidang yang kita kuasai.

Karena setiap individu itu spesial antara yang satu dengan yang lain.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon