Hujan adalah Berkah


Banguninspirasi.com ~ Sejak Akhir tahun hingga awal tahun hujan selalu turun dengan intensitas yang tinggi. Bahkan kadang tak henti-henti setiap hari di guyur hujan. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang terkena banjir.

Tapi perlu kita ketahui bahwa jumlah air di bumi itu tidak bertambah dan tidak berkurang. Air hanya berpindah tempat dan berubah wujud. Jadi jika banjir terjadi pertanyaannya adalah apakah air yang berpindah tempat ke tempat manusia, ataukah manusia yang menempati tempat air, atau manusia yang menyebabkan air berpindah tempat ke tempat manusia. Ah pikirkan sendiri, yang penting kita semua harus introspeksi dengan menjaga lingkungan.

Yang pasti, hujan itu adalah anugrah. Dengan hujan tanaman tumbuh, makhluk hidup lainnya bisa minum dan bisa makan. Manusia pun banyak membutuhkan air. Jadi hujan itu adalah berkah, seperti yang tercantum dalam ayat-ayat berikut :

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُّبَارَكاً فَأَنبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS. Qaaf [50] : 9).

وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

"Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al-Anbiya’ [21] : 30).


وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِن بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS. Asy-Syuura [41] : 28).

Dan masih banyak lagi ayat-ayat lainnya. Intinya, hujan itu adalah berkah karena menurut penelitian pun kehidupan bermula dari air. Dan setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air. Tapi bagi yang terkena bencana banjir dan lain sebagainya semoga diberi ketabahan. Dan semua menjadi tersadarkan akan pentingnya menjaga lingkungan.
Hujan adalah Berkah Hujan adalah Berkah Reviewed by Rival Ardiles on 23.09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.