Kamis, 13 Februari 2014

Kesuksesan Flappy Bird, Namun ditarik karena kebijakan pembuatnya


Banguninspirasi.com ~ Beberapa tahun belakangan sempat populer game angry bird. Sebuah game sederhana yang melontarkan burung mengenai sasaran. Tapi tampilan sederhananya mampu membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Dan beberapa waktu belakangan ini ada satu game lagi yang sukses dipasaran. Flappy bird namanya.

Flappy bird menampilkan gambar yang sederhana, seperti game-game jaman dahulu seperti Mario bros. Tapi ternyata game tersebut bisa sukses dan digunakan banyak orang. Di appstore dan juga google play game tersebut menjadi favorit. Banyak orang yang tertipu dengan penampilannya yang simpel, namun siapa sangka game ini kabarnya sangat sulit dimainkan. Dan banyak orang yang menumpahkan kekesalannya di media sosial karena kesulitan game ini. Ada juga yang memamerkan skor jika berhasil meraih skor tertentu.

Ternyata pembuatnya adalah orang Vietnam yang bernama Dong Nguyen. Merutnya, ia hanya butuh waktu beberapa hari untuk membuat game tersebut karena tampilannya yang sederhana. Namun siapa sangka, game tersebut bisa diminati banyak orang. Dong sendiri mendapat penghasilan sekitar USD 50 ribu atau 600 juta rupiah per hari dari game tersebut. Penghasilan itu didapat dari iklan yang muncul setiap kali orang bermain.

Tapi rupanya kesuksesan itu tak membuat Dong Nguyen senang. Banyak beberapa orang yang dibuat kesal karena game tersebut. Bahkan beberapa diantantaranya menumpakan keluhannya ke twitter Dong.

Misalnya millicent yang memiliki akun twitter @meteoricmalik. Pada 25 Januari 2014, @meteoricmalik menuliskan bila game Flappy Bird telah merusak hidupnya. "@dongatory FLAPPY BIRD HAS RUINED MY LIFE! I'VE BEEN PLAYING IT FOR 8 HOURS STRAIGHT AND I SWEAR MY AYS ARE BLEEDING." Mendapatkan tweet semacam itu, Nguyen pun membalasnya. Melalui akun twitter @dongatory, ia menyatakan bila Flappy Bird hanya sebuah permainan. "@meteoricmalik, It's just a game. Take care of yourself first. I don't make game to ruin people lives."

Pemain lainnya Amira, menuliskan bila Nguyen telah mengambil hidupnya melalui game Flappy Bird. "@dongatory, so you're the creator of Flappy Bird? Thank You. Thank You very much. Because of you, I have no life," tulis @AmiraTMorris. NGuyen membalasnya dengan "@AmiraTMorris, because of you, same here."

Mendapat banyak keluhan, Dong Nguyen pun memutuskan untuk menutup game tersebut. Menurutnya Flappy Bird didesain untuk dimainkan beberapa menit saja ketika Anda bersantai. "Namun ia berkembang menjadi sesuatu yang membuat orang kecanduan. Saya rasa ini menjadi masalah. Untuk mengatasi ini, pilihan terbaik adalah untuk mencabut Flappy Bird. Ia pergi untuk selamanya." ucap Dong Nguyen.

Itulah Dong Nguyen. Sukses membuat game flappy bird digunakan banyak orang. Namun ia bijak menutup game tersebut. Karena ia sadar telah banyak orang yang kecanduan dari game tersebut. Walaupun penghasilan yang ia dapat dari game itu amatlah tinggi, ternyata itu bukan hal utama baginya.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon