Indonesia Ibarat Burung Garuda yang Bisa Terbang Tinggi Jika . . . . . .

Indonesia ibarat burung garuda yang gagah. Rakyat ibarat sayapnya, dan pemimpin negara ibarat kepalanya. sayaplah yang mampu membuat Sang Garuda terbang tinggi, tapi kepala yang menentukan kemana arah Sang Garuda terbang. Tanpa kepala yang cocok, yang mampu menentukan arah, yang melihat jauh ke depan, yang berpikir dan menggerakkan seluruh anggota tubuhnya, tentu sayap Sang Garuda takkan mengepak dengan kencang.

Dengan hamparan laut yang luas, gugusan pulau yang tersebar, potensi sumber daya alam dan potensi sumber daya manusia yang melimpah, seharusnya Sang Garuda bisa terbang tinggi. Namun Sang Garuda seolah sedang mencari kepalanya yang cocok, yang telah lama hilang semenjak era proklamasi. Tentunya kita masih ingat dengan pemimpin pertama negara ini. Ya, Soekarno sang pahlawan proklamasi. Dengan keberaniannya bahkan rela diasingkan, tak gentar dengan ancaman apapun, ia tetap berjuang demi negara ini. Hingga akhirnya Indonesia bisa bebas dari penjajahan yang telah terjadi selama ratusan tahun. Mungkin Sang Garuda mencari kepala yang seperti itu, mungkin juga seluruh rakyat Indonesia merindukan pemimpin yang seperti itu.

Atau barangkali Sang Garuda sedang mencari kepala seperti pemimpin Iran yang hidupnya sederhana, yang tak pernah mengambil gajinya sebagai presiden, yang hanya tidur beralaskan karpet, namun tak gentar dengan negara manapun. Atau barangkali Sang Garuda juga mendambakan pemimpin seperti Umar bin Khatab yang meletakkan kepentingan rakyat di atas segala-galanya, yang ketika suatu malam ia menemukan ada rakyatnya yang kelaparan, lantas ia memanggul sendiri beras untuk rakyatnya itu.

Memang tak mudah untuk menemukan pemimpin yang benar-benar ideal untuk memimpin lebih dari dua ratus juta rakyat Indonesia dan negara yang terbentang luas dengan hamparan lautan dan gugusan pulau-pulaunya. Padahal Indonesia memiliki sejuta potensi untuk menjadi negara makmur. Tapi kita seharusnya tak perlu pesimis. Karena saya yakin suatu saat kelak Sang Garuda mampu menemukan kepalanya yang cocok, yang mampu membuat Sang Garuda terbang tinggi. Suatu saat kelak negara kita akan menemukan pemimpin yang mampu membuat Indonesia menjadi negara yang maju dan makmur.

Pemimpin negeri ini haruslah seorang yang memiliki. . . bersambung ke halaman berikutnua
Indonesia Ibarat Burung Garuda yang Bisa Terbang Tinggi Jika . . . . . . Indonesia Ibarat Burung Garuda yang Bisa Terbang Tinggi Jika . . . . . . Reviewed by Rival Ardiles on 09.07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.