Sabtu, 07 Juni 2014

Pikirkanlah

Oleh : Koginara


Jadi mahasiswa mungkin merupakan salah satu impian dari sebagian pemudi di negeri ini, dengan julukan 'Maha' nya itu sudah menjadi sesuatu yang sangat luar biasa sekali, apakah kalian tahu apa arti Maha ? Saya yakin semua orang tahu apa arti dari Maha.

Maha adalah besar, siswa adalah pelajar. Jadi mahasiswa adalah pelajar yang derajatnya lebih tinggi di bandingkan siswa. Yang dituntut tak boleh sama dengan kondisi saat kita masih berperan menjadi siswa. Apakah kalian tahu apa yang membedakan siswa dengan mahasiswa? #pikirkanlah

Sejak saya menjadi pemeran dalam status kesiswaan, banyak sekali hal yang menyimpang dalam kegiatan belajar, apalagi saat musim ujian tiba. Tahukan kalian musim apa yang cocok kita gambarkan untuk musim ujian yang kalian rasakan? Hujan kah? atau Kemarau?

Penggambaran saya musim ujian sama halnya dengan musim kemarau bagi para siswa, tahukah kenapa? Ya, karena bagi sebagian siswa akan merasa haus dan akan berusaha dengan cara apapun untuk menghilangkan rasa dahaganya. Bukankah setiap siswa memiliki tujuan yang sama? Sama-sama ingin memiliki nilai yang sempurna? Biasanya mereka akan menyebut ini dengan kerja sama. Tapi sayang kerja sama yang keji yang akhirnya mereka tempuh.

Budaya mencontek sepertinya sudah mendarah daging dengan para pelajar negeri ini, pantas saja banyak sekali mantan pelajar yang sekarang menjadi pemegang kekuasaan perilakunya menyimpang, mencontek adalah awal dari korupsi, setujukah kalian? #pikirkanlah

Yang lebih menyedihkannya lagi jika seorang mahasiswa masih melakukan hal yang sama seperti yang saya paparkan diatas, akan kemana negeri ini kita tuntun. Akan ada berapa banyak lagi tahanan KPK yang akan segera tertangkap?

Bukankah mahasiswa adalah orang pertama yang akan sangat murka jika tahu pemimpinnya melakukan korupsi? Bukankah kalian akan pasang badan kalian sendiri demi kesejahteraan rakyat? Bukankah kalian yang akan langsung turun ke jalan jika melihat semua hal ini terjadi? Dimanakah hati kalian jika hingga saat ini kalian masih mau membesarkan bibit korupsi? #pikirkanlah

Saya rasa tidak ada untungnya sama sekali bagi kita masih saja mencontek, untuk apa kalian datang ke kampus jika hanya untuk mencari nilai dengan cara yang instan? Tidakkah kalian tahu betapa mahalnya julukan mahasiswa ini? #pikirkanlah akibat ini untuk jangka panjang, bukan untuk jangka pendek hanya demi mengukir angka sempurna di atas lembaran nilai.(K)

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon