Kisah Sukses Pendiri Tumblr

Tumblr adalah salah satu situs microbloging yang sangat dikenal dan banyak penggunanya.  Hingga tahun 2014, Tumblr telah memfasilitasi lebih dari 165 juta blog. dan memperoleh sedikitnya 50 milyar pageviews setiap bulan. Lalu siapakah orang dibalik Tumblr. Dia adalah David Karp.

Pria kelahiran 6 Juli 1986 menghabiskan masa kanak-kanaknya di daerah Manhattan, New York. Sejak usia 11 tahun, ia sudah tertarik mempelajari internet dan bahasa pemrograman. Bahkan ia  berhasil membuat website untuk sebuah perusahaan.

David sempat mengenyam pendidikan di Bronx Science (sekolah khusus sains), namun ia hanya bertahan selama 1 tahun dan memilih keluar sekolah pada usia 15 tahun. Saat itu David berkenalan dengan salah satu orang tua murid bernama Fred Seibert. Fred merupakan pemilik Frederator Studio yang memproduksi film-film kartun seperti Nickelodeon, Cartoon Network dan beberapa jenis kartun lainnya.

David akhirnya memutuskan untuk mengambil jalur pendidikan homeschooling, agar bisa berkunjung ke Frederator Studio setiap hari. Kemudian salah seorang karyawan Frederator Studio merekomendasikan lowongan pekerjaan tersebut untuk David Karp. David Karp pun diterima sebagai teknisi dan mulai bekerja untuk Urban Baby Parenting.

Setelah Urban Baby dijual pada CNet pada tahun 2006, David memperoleh bagian dari penjualan saham tersebut. Hasil penjualan tersebut digunakan David untuk membuka perusahaan konsultan software bernama Davidville.

Kemudian David sempat memiliki ide untuk mewujudkan konsep blog yang sangat sederhana. Konsep tersebut kemudian mulai diwujudkan David dalam bentuk fasilitas bernama Tumbleog.

Salah satu momentum kesuksesan Tumblr terjadi pada tahun 2012 ketika bencana topan sandy melanda Amerika Serikat. Kala itu beberapa perusahaan media seperti Huffington Post, BuzzFeed dan Gawker mengalami kendala teknis sehingga meminta Tumblr untuk menayangkan edisi berita sementara.

Setelah itu, Tumblr semakin sukses dengan banyak pengguna. Hingga tahun 2014, Tumblr telah memfasilitasi lebih dari 165 juta blog dan memperoleh sedikitnya 50 milyar pageviews setiap bulan. Kini David Karp telah melepas Tumblr yang diakuisisi Yahoo dengan nilai yang fantastis, yaitu mencapai $1.3 milyar.

Itulah kisah sukses pendiri Tumblr. Seorang pemuda yang berhenti sekolah.
Kisah Sukses Pendiri Tumblr Kisah Sukses Pendiri Tumblr Reviewed by Rival Ardiles on 09.55.00 Rating: 5

4 komentar:

  1. wow.. keren juga pendiri tumblr..
    sangat mandiri banget..apalagi waktu umur 11 tahun udh tertarik mempelajari internet dan bahasa pemrograman..keren..keren :)

    BalasHapus
  2. "Pendiri Tumblr sudah tertarik mempelajari Internet sejak usia 11 tahun", mungkin ini juga tak lepas dari dukungan orang tuanya. Mungkin dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi orang tua untuk selalu mendukung sang anak. Semoga di masa depan banyak anak Indonesia yang berinovasi selayaknya pendiri Tumblr :D

    BalasHapus
  3. sekarang ini, teknologi semakin berkembang dengan pesat..semoga saja para generasi penerus bangsa bisa membuat sebuat web yang sekelas tumblr :D

    doa ibu hamil

    BalasHapus
  4. saat ini tak hanya di luar negeri namun di indonesia juga udh banyak beberapa generasi muda yang cukup cerdas dan bahkan bisa membuat seperti tumblr.. :D

    BalasHapus

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.