Kamis, 29 September 2016

Ibaratkan Bisnis seperti Main Game, Karena...



Sobat Bangun Inspirasi, mungkin sobat adalah orang yang suka bermain game. Atau pernah melihat orang bermain game?

Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game. Bahkan ada yang setiap hari diisi dengan main game. 

Saat bermain game, seorang pecinta game akan berusaha sebaik mungkin untuk meraih kemenangan atau skor tertinggi. Setiap kali kalah, mereka akan mencobanya terus-menerus sampai mereka bisa menang dan meraih skor paling tinggi. Seringkali sampai tak peduli walau telah menghabiskan waktu yang seharusnya untuk kepentingan lain.

Yang jadi pertanyaannya adalah, mengapa mereka rela memainkan game berjam-jam tanpa kenal lelah. Walau kegagalan-demi kegagalan, mereka akan terus berusaha?

Jawabannya tentu karena mereka menyukainya. Mereka bermain game berjam-jam, selalu mencoba setiap kali gagal dan berusaha meraih skor tertinggi karena mereka menyukai permainan di game tersebut.

Dalam bisnis, kita juga bisa mengibaratkan bisnis seperti game yang dimainkan para gamer. Carilah bidang bisnis yang benar-benar Anda sukai. Sama seperti gamer yang hanya memainkan game yang mereka suka.

Ketika Anda sudah menemukan bidang bisnis yang Anda sukai, Anda akan rela memanfaatkan waktu untuk bisnis Anda. Anda akan berusaha terus setiap kali gagal. Tapi sebaliknya, jika Anda menjalani bidang bisnis yang tidak Anda sukai, ada kemungkinan ketika gagal Anda akan cepat menyerah dan putus asa.

Uang baik berupa omset, profit, penghasilan, komisi, dan lain sebagainya ibarat skor dalam sebuah game. 

Seorang gamer yang memainkan suatu game akan berusaha mendapatkan skor tertinggi. Tapi yang paling utama baginya sebenarnya adalah menikmati permainannya. 


Setiap kali gagal ia terus mencoba lagi dan lagi karena ia bisa menikmati permainannya. Skor atau level hanyalah tolak ukur.

Dalam bisnis atau lainnya pun seperti itu, nikmati prosesnya, selalu coba lagi setiap kali gagal, dan raihlah skor tertinggi, terus naik ke level selanjutnya.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon