Kamis, 20 Oktober 2016

Kisah Sukses Carlos Slim Helu, Orang Terkaya di Dunia asal Meksiko

Profil, Biografi, Kisah sukses Carlos Slim Helu

Sobat Bangun Inspirasi, Carlos Slim Helu adalah pengusaha asal meksiko yang saat ini menjadi orang terkaya keempat di dunia. Kekayaannya ditaksir mencapai $50 miliar melalui perusahaanya bernama Telecom, sebuah perusahaan di bidang telekomunikasi. Bahkan sebelumnya, ia pernah menjadi peringkat pertama orang tekaya di dunia dari tahun 2007 hingga 2013, mengalahkan Bill Gates sebelum akhirnya turun ke peringkat empat.

Sobat, Perusahaan milik Slim ternyata tidak hanya di bidang telekomunikasi. Perusahaannya meliputi berbagai bidang, selain di bidang telekomunikasi, ia juga merambah bidang lain seperti perbankan dan otomotif. Perusahaan milik Carlos Slim, Teléfonos de México (Telmex) sangat mendominasi industri saluran telefon di Meksiko. Perusahaan tersebut mengendalikan 92 persen dari saluran telefon di Meksiko. 

Berikut ini adalah Profil, Biografi, atau Kisah Sukses Carlos Slim Helu

Belajar Bisnis dari Ayahnya

Carlos Slim lahir pada tanggal 28 Januari 1940 di Mexico City, Mexico. Orang tuanya merupakan keturunan Lebanon. Pada tahun 1902 ayahnya, Khalil Slim Haddad, melarikan diri ke Meksiko demi menghindari pemerintahan militer yang keras dari Kekaisaran Ottoman. 

Bakat Bisnis Carlos Slim rupanya adalah didikan dari ayahnya. Karena pada tahun 1911, ayahnya mulai berbisnis. Ia mendirikan sebuah toko pakaian yang bernama La Estrella del Oriente jika diartikan berarti Bintang Timur. Toko tersebut berkembang dengan pesat. Hingga sepuluh tahun kemudian, ayahnya bisa membeli sejumlah perumahan mewah di distrik komersial pusat kota Mexico City. Kemahiran ayahnya dalam membangun bisnis dapat mengubah kondisi ekonomi keluarganya. 

Sejak kecil, Carlos Slim sudah diajarkan berbisnis oleh ayahnya. Saat usianya baru 12 tahun, Carlos Slim membeli saham sebuah perusahaan. Pada umur 17 tahun ia juga sudah bekerja membantu ayahnya berbisnis, Carlos Slim memperoleh 200 Peso per minggu sebagai hasil kerjanya di perusahaan milik ayahnya.

Menurut Carlos Slim, ayahnyalah yang mengajarkannya keberanian. Ayahnya pernah berkata padanya bahwa tidak peduli seberapa pun buruknya krisis yang terjadi, Meksiko tidak akan hilang. Investasi yang cermat suatu saat akhirnya akan terbayarkan.

Awalnya Menjalankan Bisnis Bukan di Bidang Telekomunikasi

Sobat Bangun Inspirasi, rupanya di awal Carlos Slim membangun bisnis tidak langsung membangun perusahaan telekomunikasi. Awalnya ia  fokus menjalankan bisnis di bidang konstruksi, real estate, dan pertambangan. Pada usianya yang baru 28 tahun, ia sudah dinobatkan sebagai Pengusaha Terbaik di Meksiko. 

Berbekal keberanian yang diajarkan ayahnya. pada tahun 1972, ia sudah mendirikan tujuh perusahaan yang bergerak di tiga bidang tersebut. Setelah itu ia pada tahun 1976 ia membeli 60% saham di bisnis percetakan untuk melebarkan sayap bisnisnya. Lalu empat tahun kemudian, ia membentuk Grupo Galas sebagai perusahaan induk yang fokus pada industri, konstruksi, retail, pertambangan, makanan, dan tembakau.

Memulai Bisnis di Bidang Telekomunikasi dan Terus Berkembang

Barulah pada tahun 1990 ia membeli perusahaan telekomunikasi yang bernama Telmex dari pemerintah dengan menggandeng Southwestern Bell Crop dan France Telecom. Kondisi perusahaan telekomunikasi tersebut saat dibeli Carlos Slim sedang tidak baik. Tapi Carlos pun berhasil mengubahnya menjadi perusahaan yang bisa meraup keuntungan. 

Perusahaan telekomunikasinya tersebut mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Hingga mencapai nilai penjualan tahunan sebesar 16 miliar dollar Amerika. Bahkan perusahaan telekomunikasi tersebut menjadi perusahaan terbesar di Meksiko dan menjadi salah satu perusahaan paling disegani di New York Stock Exchange. 

Selain berhasil membangun bisnis di beberapa bidang termasuk telekomunikasi, Carlos Slim juga memiliki Prodigy Inc, sebuah perusahaan jasa internet di Amerika Serikat. Ia juga menguasai Grupo Financiero Inbursa, sebuah perusahaan keuangan dan Grupo Carso yang merupakan perusahaan retail.

Carlos Slim juga merupakan Wakil Presiden Komisaris Mexcan Stock Exchange dan Presiden Komisaris dari perusahaan Mexican Association of Brokerage House. Ia juga menjabat sebagai presiden di New York Stock Exchange Administration Council pada tahun 1996 sampai 1998. 

Carlos Slim adalah orang yang berani berinvestasi. Pada tahun 1997, saat belum banyak perusahaan mengenal Apple, Carlos membeli 3% saham perusahaan yang didirikan Steve Jobs tersebut. Keputusannya terbukti tepat, karena beberapa tahun kemudian hingga saat ini Apple semakin berkembang dan nilai sahamnya pun terus malambung tinggi.


Menjadi Pengusaha yang Dermawan Tapi tak Luput dari Kritikan

Selain sebagai pebisnis yang sukses, Carlos Slim rupanya juga seorang yang memiliki sifat ingin menolong dan membantu. Ia menghabiskan sebagian waktunya untuk program World Education & Development Fund yang fokus menangani proyek infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan dunia. Pada tahun 2000, Carlos pun mendirikan Fundacion del Centro Historico de la Ciudad de Mexico A. C atau Mexico City Historic Downtomn Foundation untuk merevitalisasi dan menyelamatkan pusat kota Meksiko dan juga ingin membuat penduduk Meksiko memiliki hidup yang lebih baik serta hiburan yang lebih memadai. Selain itu, Carlos juga mendirikan Latin America Development Fund.

Walaupun demikian, ia juga tak lepas dari kritikan masyarakat Meksiko. Karena kekayaannya sangat kontras dengan kondisi penduduk Meksiko yang kebanyakan masih berada di garis kemiskinan. Carlos pun sering dituding telah melakukan praktik monopoli. Karena ia menguasai 90% bisnis jaringan telepon di Meksiko.

Itulah kisah sukses pengusaha terkaya di Meksiko dan saat ini menjadi orang terkaya keempat di dunia. Semoga bermanfaat.

Cukup klik share ke sosial media untuk juga menyebarkan manfaat.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon