Jumat, 14 Oktober 2016

Pesen Pizza ke toko sepatu, gimana jadinya?? (Belajar Customer Service dari Zappos)



Zappos sebenarnya adalah toko sepatu online yang saat ini sudah sangat besar. Bahkan menjadi toko online terbesar yang menjual sepatu.
.
Yang membuat orang percaya untuk membeli salah satu yang paling penting adalah pelayanan. Itu pula yang menjadi prinsip Zappos yang mengutamakan pelayanan hingga menjadi sebesar sekarang.
.
Kalau ada yang nanya-nanya tentang produk yang dijual mungkin itu biasa. Penjual pasti akan menjawab dengan senang hati. Kalau kebanyakan nanya tapi nggak beli-beli baru biasanya kesabarannya mulai diuji.
.
Tapi kalau ada orang yang nanya produk yang sama sekali nggak berkaitan gimana? Contohnya nanya pizza ke toko sepatu, kan jaka sembung makan kedongdong alias nggak nyambung dong. Mungkin customer service akan mudah menjawab, "maaf salah sambung, kami toko sepatu." Selesai. Gak perlu repot. Dan memang nggak ada kewajiban melayani orang yang mau beli pizza.
.
Tapi yang dilakukan Zappos berbeda. Ketika ada yang menelepon dan ingin memesan pizza, customer servicenya justru tetap melayani. Walaupun sebenarnya mereka hanya menjual sepatu, tidak menjual Pizza. 
.
Kurang lebih customer service-nya bilang seperti ini, "Maaf, kami tidak menjual pizza, kami menjual sepatu. Tapi kami akan carikan toko pizza terdekat dengan rumah Anda."
.
Lalu dicarikanlah toko pizzanya, begitu ketemu dihubungi lagi tuh orang yang nanyain pizza. Dan yang nanya pizza tersebut senang bisa mendapatkan apa yang dibutuhkannya.
.
Lalu, keuntungan buat Zappos pada saat melayani orang yang membeli Pizza, apa? 
Tentu tidak ada.
.
Seringkali memang butuh kesabaran tingkat tinggi dalam menghadapi konsumen. Jangankan menanyakan barang yang sama sekali tidak dijual. Banyak menanyakan barang yang dijual saja sudah menguji kesabaran. Tapi dengan kesabaran itu, Zappos kini menjadi toko online terbesar di dunia yang menjual sepatu.
.
Sobat Bangun Inspirasi, tentu pelajaran dari Zappos ini berharga. Ketika kita melayani customer dengan tulus, dan membuat pelanggan nyaman, maka usaha kita bisa terus bertumbuh.
.
Cukup klik share ke media sosial untuk ikut menyebarkan inspirasi.

1 komentar

Ada kog keuntungannya.. karena pelayanannya yg ramah.. orang2 yg telepon td pasti penasaran dgn produk zappos.. pd akhirnya akan smakin menambah daftar calon pelanggan zappos

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon