Wings (Indonesia) vs Unilever (Inggris)


Sobat Bangun Inspirasi, Kalau kita lihat, di kamar mandi kebanyakan dikuasai produk-produk asing dari Unilever. Mulai dari sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, dll.

Bisa dibilang, Unilever menguasai kamar mandi di ratusan negera. Termasuk Indonesia.

Tapi ternyata kalau Indonesia masih lebih baik. Masih ada pemain lokal yang bisa bersaing. Produk-produk Wings sepertinya masih bisa bersaing dengan Unilever. 

Sebut saja sabun Giv yang bersaing dengan Lux, Nuvo dengan Lifebuoy, So Klin dengan Rinso, Daia berhadapan dengan Surf, So Klin Pewangi bersaing dengan Molto. Ciptadent vs Pepsodent, Smile-Up melawan Close Up, Kodomo versus Pepsodent Junior, Hers Protec melawan Kotex, Mama Lemon melawan Sunlight, So Klin Matic versus Rinso Matic, So Klin Tenaga Surya vs. Rinso Ultra, So Klin pembersih lantai melawan Wipol, dll.
.
Kalo dibandingin sama negara Asia lainnya, di Malaysia, pemain lokal bidang toiletries sudah mati, dimakan sejumlah pemain global seperti P & G dan Unilever. Di Thailand, juga sama, pemain toiletries lokal juga sudah habis. P & G amat kuat. Di Filipina juga sama, pemain lokalnya sudah habis. Kalau di Jepang masih ada Kao Corporation dan Lion Corporation yang masih bisa bersaing. Di India tinggal tersisa satu pemain lokal, yaitu Nirma Ltd, yang masih bisa bersaing.
.
Wings dan Unilever sebenarnya bukan hanya bersaing di bidang toletries saja. Mereka juga bersaing di industri makanan dan minuman. Di industri kecap misalnya, Wings punya kecap sedaap dan Unilever punya kecap Bango, dan juga produk-produk lainnya. Namun di industri makanan dan minuman tentu masih banyak pemain lokal lainnya yang masih berjaya. Sebut saja Indofood, ABC, Mayora, dll. 
.
Namun di industri toiletries, bisa dibilang Wings satu-satunya pemain lokal yang masih berjaya di berabagai jenis produk untuk melawan kedigdayaan Unilever dan pemain global lainnya.
.
Ternyata Wings juga udah ekspor ke 90 negara. Mudah-mudahan aja makin banyak produk Indonesia yang bisa bersaing, terutama produk yang digunakan sehari-hari. Minimal menang di negeri sendiri dulu.
Wings (Indonesia) vs Unilever (Inggris) Wings (Indonesia) vs Unilever (Inggris) Reviewed by Rival Ardiles on 09.58.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.