CARA GANTI MASALAH dengan SOLUSI DALAM 1 DETIK


Ada pepatah yang mengatakan, "sebenarnya semua orang itu nggak punya masalah, tapi mereka pikir mereka punya masalah".

Artinya masalah itu hanya ada di pikiran, masalah itu ada karena dipikirkan. Coba lihat orang gila, kita pikir dia punya masalah, tapi dia pikir dia nggak punya masalah, masih bisa ketawa-ketawa sendiri.
.
Nah terus, apa harus kaya orang gila?? Ya enggak gitu juga keleuss.
.
Maksudnya, masalah akan terus jadi masalah jika dipikirkan. Padahal, sebenarnya yang kita cari bukan masalah, tapi solusi. Jadi jangan terus pikirkan masalah, tapi pikirkan solusi.
.
Cara mengganti masalah dengan solusi dalam waktu 1 detik adalah dengan mengganti kata tanya yang kita tanya sama diri kita sendiri. Jangan tanya "kenapa" tapi "apa"
.
Orang yang merasa punya masalah selalu bertanya pada dirinya pakai kata tanya kenapa, jika ia mendapati hal yang tidak sesuai dengan keinginannya. Sedangkan orang bijak selalu bertanya sama dirinya sendiri pakai kata tanya Apa, ketika ia mendapat hal atau masalah yang tidak sesuai dengan apa yang ia inginkan.
.
Jadi ketika orang yang merasa punya masalah mengalami hal yang tidak sesuai dengan yang ia inginkan ia akan bertanya pada dirinya sendiri dengan kalimat, Kenapa masalah ini menimpa? Kenapa semua ini terjadi? Kenapa semua ini tak seperti apa yang diinginkan? 
.
Tapi beda halnya dengan orang bijak yang fokus pada solusi. Walaupun masalahnya sama atau bahkan lebih besar ia akan bertanya pada dirinya sendiri dengan kalimat, Apa makna yang bisa diambil? Apa hal positif dari kejadian ini? Apa yang bisa dilakukan supaya di lain waktu tidak seperti ini lagi?
.
Maka yang tadinya di pikiran fokus pada masalah jadi fokus pada solusi. Jadi lebih tenang.
.
Nah, kalau begitu solusinya masih di pikiran, dong?
.
Ya beli aja, biasanya solusi ada di poto kopian, ada solusi bening, ada yang coklat, ada yang item. Yang bisa nempel itu kan.
CARA GANTI MASALAH dengan SOLUSI DALAM 1 DETIK CARA GANTI MASALAH dengan SOLUSI DALAM 1 DETIK Reviewed by Rival Ardiles on 18.11.00 Rating: 5

1 komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.