Kisah Sukses Charles Koch dan David Koch, meraih kekayaan $ 39,6 miliar

Charles Koch dan David Koch

Sobat Bangun Inspirasi, Charles Koch dan David Koch adalah dua saudara yang saat ini sama-sama masuk ke dalam 10 besar orang terkaya di dunia. Mereka memiliki jumlah kekayaan yang sama, yaitu $39,6 miliar melalui perusahaan keluarga yang mereka jalani. 

Perusahaan tersebut bernama Koch Industries yang didirikan oleh Fred Koch, ayah Charles dan David Koch pada tahun 1940. Awalnya, Koch Industries hanyalah perusahaan pengolahan minyak mentah di Amerika Serikat. Fred Koch pada saat itu berhasil mengembangkan cara mutakhir untuk pengolahan minyak mentah. Namun di tangan Charles dan David, perusahaan tersebut menjadi perusahaan multinasional yang bergerak di bidang pabrik, pengilangan, serta pendistribusian minyak tanah, bahan-bahan kimia, fiber, polimer, pupuk, dan kertas, bahkan juga merambah ke bidang investasi. 

Charles Koch dan David Koch menjalankan dan membesarkan usaha

Sebagai penerus usaha orang tua mereka, Charles Koch yang lahir pada 1 November 1935, berperan sebagai pemilik, ketua dewan, dan CEO di Koch Industries. Sementara adiknya, David Koch berperan sebagai Vice President di Koch Industries.

Mungkin ada orang yang mengira mereka memperoleh kekayaan yang sebegitu besar karena warisan keluarga. Memang, perusahaan yang mereka jalani adalah warisan keluarga, akan tetapi untuk mempertahankan apalagi mengembangkan perusahaan keluarga hingga tumbuh berkembang berkali-kali lipat memang bukan pekerjaan yang mudah.

Charles dan David berhasil membesarkan bisnis warisan keluarga tersebut hampir 2.600 kali dari pertama kali bisnis tersebut diserahkan pada mereka. Sebagai CEO, Charles Koch memang dikenal memiliki kemampuan manajemen yang luar biasa.

Setelah mengambil alih kepemimpinan di bisnis ayahnya pada tahun 1967, Charles mengubah perusahaan penyulingan minyak ayahnya itu menjadi sebuah perusahaan produk minyak bumi diversifikasi “Koch Industries Inc“.

Di tangan Charles, Koch Industri melakukan ekspansi perusahaan di Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, dan China, dengan memiliki 37.000 mil pipa minyak dan gas serta memiliki perusahaan peralatan pengendalian polusi dan teknologi, hutan, juga produk konsumen, mineral, serta pupuk. 

Usaha Charles dan David untuk membesarkan Koch Industri juga mampu membuat perusahaan tersebut dinobatkan oleh majalah Forbes sebagai perusahaan swasta terbesar ke dua di Amerika Serikat pada tahun 2011. Koch Industri Saat ini, Koch industri mempekerjakan lebih dari 70 ribu orang. 50 ribu di antaranya di Amerika Serikat, sementara 20 ribu lainnya tersebar di 59 negara.

Kesibukan Charles dan David selain mengurusi Koch Industri

Selain menjabat sebagai CEO di Koch Industri, Charles Koch juga Charles juga menjabat sebagai direktur di perusahaan lain seperti Intrust Financial Corp, Georgia Pasfic Corp dan Invista. 

Atas prestasinya, Charles menerima banyak penghargaan bergengsi dari berbagai Universitas dan beberapa organisasi. Ia juga dinilai sebagai salah seorang yang paling berpengaruh di tahun 2011. 

Di sisi lain, David Koch selain juga menjabat sebagai Vice President di Koch Industri, ia juga tertarik untuk berkecimpung di dunia politik. Ia sempat aktif di Partai Liberal, bahkan sempat dicalonkan sebagai calon wakil presiden di tahun 1980, namun pada tahun 1984 ia memutuskan untuk keluar dari partai tersebut dan pindah ke partai Republic.

Gemar beramal

Charles Koch dan David Koch juga merupakan orang yang gemar beramal. Kedermawanan David Koch bermula semenjak ia selamat dari kecelakaan pesawat yang menewaskan 32 orang di tahun 1991. Setelah itu ia juga didiagnosis terkena penyakit kanker prostat. Berbagai cara dilakukannya agar sembuh dari penyakit tersebut. 

Hatinya pun tergerak untuk menyumbangkan hartanya terutama untuk penelitian obat dan penyembuhan penyakit kanker. Sejak 1998 hingga 2012, ia telah menyumbangkan $ 395 juta untuk penelitian tersebut. Sebuah angka yang sangat besar tentunya.

Sama seperti adiknya, Sang kakak, Charles Koch juga seorang yang dermawan. Sebagai CEO Koch Industries, ia memberikan dukungan dana untuk beberapa organisasi amal seperti Lembaga Studi Humane, American Civil Liberties Union, Bill of Rights Institute, Cato Institute dan Mercatus Center. 


Catatan inspirasi

Sobat Bangun Inspirasi, catatan inspirasi yang bisa dipetik dari mereka berdua adalah dalam menjalankan dan mengembangkan usaha keluarga, butuh keberanian untuk berekspansi. Karena banyak usaha yang diturunkan ke generasi sebelumnya justru bukan semakin baik malah semakin buruk.

Selain itu, pelajaran penting lainnya adalah jangan lupa untuk beramal atau bersedekah. Karena sedekah tidak akan membuat kita menjadi miskin, tapi justru banyak yang dengan bersedekah semakin tambah kaya.

Kisah Sukses Charles Koch dan David Koch, meraih kekayaan $ 39,6 miliar Kisah Sukses Charles Koch dan David Koch, meraih kekayaan $ 39,6 miliar Reviewed by Rival Ardiles on 16.22.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)

Facebook

Bangun Inspirasi. Diberdayakan oleh Blogger.