Jumat, 06 Oktober 2017

3 Cara memilih bidang pekerjaan yang cocok untumu


Sobat Bangun Inspirasi, bagi sebagian besar orang, setelah lulus kuliah atau lulus sekolah, yang terpikirkan adalah harus segera mencari pekerjaan. Tapi ternyata banyak orang yang tidak tau harus bekerja di mana, di bidang apa dan sebagai apa.

Yang perlu kita pikirkan sebenarnya bukan hanya uang atau gaji yang akan kita terima ketika kita bekerja. Tapi kita harus berpikir jauh ke depan. Tentang apa profesi yang ingin kita tekuni. Tentang bidang apa yang ingin kita jalani.

Jadi, jika saat ini sobat ingin bekerja tapi masih bingung mau bekerja sebagai apa, mungkin bisa mengikuti 3 cara memilih bidang pekerjaan yang cocok berikut ini:


1. Sesuai dengan latar belakang dan keahlian


Dalam bekerja, akan lebih baik jika kita menguasai bidang yang kita kerjakan nantinya. Karena itu memilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita adalah salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan.

Misalnya kamu kuliah jurusan IT, maka kamu bisa mencari pekerjaan yang berkaitan dengan bidang tersebut. Seperti menjadi programer, misalnya. Atau jika kamu merupakan lulusan jurusan teknik sipil, maka carilah pekerjaan yang berkaitan dengan teknik sipil. Misalnya menjadi drafter, menjadi estimator, atau supervisor proyek, dan lain sebagainya.

Tapi tentu saja dalam memilih pekerjaan tidak selalu harus sesuai dengan latar belakang pendidikan. Banyak juga orang yang sukses walau latar belakang pendidikannya berbeda dengan bidang yang ia tekuni. Tapi setidaknya, memilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan bisa menjadi opsi jika kamu masih bingung mau memilih pekerjaan apa.

Lalu bagaimana jika ada yang tidak kuliah? Bidang pekerjaan apa yang harus dipilih?

Pada dasarnya setiap orang punya pengalaman dan keahlian tertentu. Misalnya jika saat sekolah pernah berpengalaman menjadi MC suatu acara, maka bisa cari pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman tersebut. Atau jika sobat walaupun tidak kuliah tapi pernah mengikuti kursus atau pelatihan di bidang tertentu, itu bisa dijadikan opsi untuk memilih bidang pekerjaan. 


2. Pekerjaan yang memungkinkan kamu berkontribusi maksimal


Ketika memilih pekerjaan, jangan memilih pekerjaan hanya karena ingin gaji yang tinggi, tapi dengan kontribusi yang minimum. Lebih baik bekerja di perusahaan kecil terlebih dahulu tapi kamu akan memiliki kontribusi yang besar dibandingkan bekerja di perusahaan besar tapi kontribusi kamu sangat kecil. Jika diibaratkan lebih baik jadi dayung di perahu kecil daripada jadi baut di kapal pesiar.

Mengapa begitu? Karena kalau kita bekerja di perusahaan besar dan hanya menjadi staf biasa yang tidak terlalu berkontribusi banyak, maka peluang meniti karir akan sangat sulit. Kemungkinan kamu akan tetap di level itu. Tapi lain halnya jika kamu bekerja di perusahaan kecil namun kamu memiliki kontribusi yang maksimal bagi perusahaan tersebut, tentu peluang naik jabatan dan karir berkembang akan lebih cepat melesat seiring dengan berkembangnya perusahaan.

3. Sesuai dengan passion


Ini adalah pertimbangan yang paling penting. Kenapa bekerja sesuai passion atau sesuai bidang yang disukai amat penting, karena kita akan menghadapi pekerjaan itu setiap harinya selama berjam-jam, menghabiskan sebagian besar waktu kita untuk pekerjaan. Tentu jika kita tidak mencintai apa yang kita kerjakan, kita kemungkinan tidak bisa maksimal mengerjakan pekerjaan tersebut.

Banyak orang yang sukses telah membuktikan bahwa bekerja dengan passion atau bidang yang ia cintai mampu mengantarkannya ke puncak kesuksesan. Kalau kita bekerja di bidang yang kita cintai, kita akan punya arah dan tujuan yang jelas, kita akan punya semangat yang tinggi. Tidak peduli walau pekerjaan itu menguras waktu, atau menghasilkan hanya sedikit uang, tapi kamu tetap bisa fokus dan mengerjakannya dengan ikhlas.

Jika kamu bisa mengerjakan pekerjaan itu dengan ikhlas, maka kamu akan maksimal mengerjakan pekerjaan itu. Dan jika kamu mengerjakan pekerjaan dengan maksimal maka cepat atau lambat kamu juga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lebih dari itu, bekerja sesuai hobi adalah cara mendapatkan uang dengan menyenangkan. Sungguh sangat mengasyikkan sekali, bukan? Kamu bekerja tapi tidak merasa tertekan atau stress.
***

Itulah 3 cara memilih bidang pekerjaan yang cocok untuk kamu. Semoga bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang mungkin sedang bingung mau bekerja di bidang apa.



Silakan share artikel ini agar sobat Bangun Inspirasi lainnya yang mungkin juga sedang bingung memilih pekerjaan bisa menjadi pertimbangan setelah membaca artikel ini.

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon