Kamis, 05 Oktober 2017

6 Cara menjadi orang sukses walau saat ini kamu bukanlah siapa-siapa

cara menjadi orang sukses

Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan dengan keinginan dan target yang berbeda-beda. Dan tentunya sobat Bangun Inspirasi juga pasti ingin menjadi orang sukses.

Tapi kadang, mungkin kamu pernah mengalami ... ketika keinginanmu, harapanmu, cita-citamu, justru terbantahkan oleh pikiranmu sendiri. Ada bagian dari pikiranmu yang berkata "tidak mungkin", "mana mungkin, "mustahil", dan lain sebagainya.

Kawan, di dunia ini, banyak sekali orang-orang yang mencapai kesuksesannya walaupun dulunya bukanlah siapa-siapa. Bahkan banyak di antara mereka yang bisa meraih kesuksesan walaupun sebelumnya pernah mengalami keterpurukan yang teramat sangat berat.

Tapi mereka bisa membalikkan keadaan itu. Mereka bisa terus berjuang dan meraih kesuksesannya. Sebut saja seperti Thomas Alfa Edison yang menjadi ilmuan hebat walau pernah dikeluarkan dari sekolah, atau juga Colonel sanders yang sukses membangun bisnis restoran KFC walau pernah mengalami lebih dari seribu penolakan, dan masih banyak lagi.

Jika mereka mampu, maka kamu pun mungkin untuk meraih kesuksesan sesuai dengan cita-citamu, walaupun cita-cita itu terasa begitu tinggi dan seolah mustahil untuk diraih. Kalau kamu ingin menjadi pengusaha sukses tetapi tidak punya modal pun bisa. Baca cara memulai usaha walau tanpa modal

Lalu apa saja yang harus kamu lakukan untuk menjadi orang sukses? Berikut adalah cara menjadi orang sukses sesuai cita-cita yang kamu miliki:

1. Tentukan impian secara spesifik

tentukan impian secara spesifik

Milikilah impian mulai dari sekarang. Karena tanpa impian, kamu tak tau harus berbuat apa dan harus melewati jalan yang mana untuk meraih kesuksesanmu. Kamu tidak bisa hanya ingin sukses tapi tidak tahu sukses menjadi apa. Kamu harus tentukan sekarang juga ingin menjadi apa dan apa kesuksesan yang ingin kamu raih.

Tentukanlah secara spesifik. Buatlah hanya 1 impian terlebih dahulu. Ya, 1 impian yang benar-benar ingin kamu wujudkan. 

Lalu bagaimana caranya jika ada orang yang sukses dalam beberapa bidang. Misalnya sukses sebagai pengusaha sekaligus artis, atau sekaligus politisi, dan lain sebagainya?

Memang ada di antara mereka yang meraih kesuksesan dalam beberapa bidang. Tapi mereka tidak meraihnya dalam satu waktu. Mereka meraihnya secara bertahap.

Jadi, kamu tentukan dulu apa keinginanmu yang paling ingin dicapai. Setelah keinginanmu tercapai kamu bisa buat lagi keinginan atau impian berikutnya.

2. Buat target waktu tercapainya impian

membuat target impian

Kamu bisa membuat target sesuai keinginan kamu kapan cita-cita itu bisa diraih. Tentunya harus masuk akal. Kamu harus tau target jangka pendeknya dan target jangka panjangnya.

Jika di target jangka pendek banyak yang tidak tercapai, kamu bisa menggunakan cara yang lebih efektif untuk mencapai cita-citamu.

Dengan membuat target, kamu bisa memantau dan mengevaluasi apakah dengan cara yang kamu kerjakan untuk meraih impianmu bisa mencapai target yang telah ditentukan atau tidak.


3. Buat peta atau jalan meraih impian

jalan meraih impian

Untuk mewujudkan impianmu, kamu perlu melalui jalan yang benar, arah yang benar. Tentukanlah jalan mana saja yang ingin dan memungkinkan untuk kamu lewati dalam meraih impianmu.

Misalnya kalau kamu ingin menjadi penyanyi, kamu bisa tentukan jalannya melalui ajang pencarian bakat, melalui video di youtube, dan lain sebagainya.

Atau jika kamu ingin menjadi pilot, tentu jalan yang harus kamu lalui adalah dengan belajar di sekolah penerbangan.

Dengan membuat peta kesuksesan, kamu tidak akan bingung dalam melangkah demi mencapai impianmu. Karena kamu sudah tau harus melalui jalan yang mana.


4. Belajar pada ahlinya

belajar pada ahlinya

Untuk meraih impianmu, kamu juga perlu belajar pada ahlinya yang sudah meraih impiannya yang serupa dengan impianmu. Ini penting karena mereka tentu sudah tau jalan mana saja yang sudah mereka lalui hingga bisa meraih kesuksesannya.

Kamu bisa ikuti jalan tersebut dan apa saja yang dilakukannya dalam mencapai impiannya. 

Untuk belajar pada ahlinya, tidak selalu harus bertemu langsung dengan orangnya. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa pelajari dari buku yang ditulisnya, dari informasi lain di internet, dan lain sebagainya.

Namun jika punya kesempatan untuk bertemu langsung, itu akan lebih baik, karena kamu bisa belajar langsung darinya. Jika tidak diizinkan untuk belajar darinya, kamu bisa bekerja dengannya. Dari situ kamu bisa bekerja sambil belajar tentang bagaimana dia meraih kesuksesannya.

5. Tentukan atau pikirkan kenikmatan dan kesengsaraan

kenikmatan meraih impian

Pada pinsipnya, manusia itu selalu mencari nikmat dan menghindari sengsara. Kenapa banyak orang yang tidak berani berusaha keras untuk mengerjar impiannya, karena ia tidak mau sengsara dalam melewati prosesnya.

Sekarang pola pikirnya dibalik. Pikirkanlah kenikmatan apa saja yang akan kamu peroleh jika berhasil mencapai impianmu, dan kesengsaraan apa saja yang akan kamu rasakan jika kamu sama sekali tak berusaha untuk mencapainya.

Sekarang coba bayangkan jika kamu berada di atas gedung di lantai 20, dan di gedung sebelah ada uang 10 milyar yang akan menjadi milik kamu jika kamu berhasil meraihnya. Tapi untuk ke gedung sebelah, kamu harus melewati balok kayu yang membentang. Sedangkan di bawah sana mobil-mobil melintas. 

Mungkin di antara kamu ada yang berani melintasi balok kayu itu untuk mendapatkan uang 10 milyar. Tapi mungkin juga di antara kamu ada juga yang masih mikir-mikir karena takut risiko terjatuh dari ketinggian 20 lantai jika melewati balok kayu itu.

Tapi kalau situasinya di gedung tempat kamu berdiri ternyata sudah kebakaran, dan apinya hampir sampai ke lantai 20. Jika kamu tidak pindah ke gedung sebelah melewati balok kayu itu, kamu bisa mati terbakar. Sedangkan di gedung sebelah ada uang 10 milyar yang bisa kamu miliki.

Kalau begitu kondisinya, mungkin kamu mau tidak mau akan berani berjalan melintasi balok kayu itu walau risikonya bisa terjatuh. Karena jika berdiam diri pun risikonya bisa terbakar di gedung itu. Apalagi jika berhasil melintasi balok kayu itu kamu bukan hanya selamat dari kebakaran, tapi juga bisa mendapat uang 10 milyar.

Dalam hal ini uang 10 milyar adalah kenikmatan yang bisa didapatkan jika kamu terus melangkah. Sedangkan api yang bisa membakar kamu di gedung itu jika tidak pindah ke gedung sebelah adalah kesengsaraan jika kamu tidak melangkah. Dan balok kayu yang dibentangkan di atas ketinggian 20 lantai yang jika kamu melintas bisa terjatuh adalah risikonya.

Dalam mengejar impian kamu bisa membuat ilustrasi seperti itu. Bayangkan hal apa yang akan kamu peroleh jika berhasil dan bayangkan hal buruk apa jika hanya berdiam diri dan tak berani mengejar impian. 


6. Terus kejar impian, dan coba lagi setiap kali gagal

mengejar impian dan terus mencoba

Kesuksesan itu sepaket dengan kegagalan. Hampir tidak ada orang sukses yang tidak pernah mengalami kegagalan. 

Jadi, kejarlah terus impianmu. Walaupun kamu mengalami kegagalan, bangkitlah dan terus kejar. Habiskan jatah gagalmu dan kamu akan meraih impianmu.

Kamu tidak usah memikirkan untuk bangkit berkali-kali. Cukup bangkit hanya satu kali saja. Ya, hanya satu kali setiap kali kamu mengalami kegagalan.

Itulah 6 langkah atau cara menjadi orang sukses walaupun kamu saat ini bukanlah siapa-siapa.

Mulai sekarang, buanglah semua alasan dan mulailah untuk mengejar impian. Karena siapa saja yang berusaha keras ia akan berhasil. 



Silakan bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi sobat Bangun Inspirasi yang terpacu untuk mengejar impiannya. 

Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon