Rabu, 19 September 2018

Cara Mengatasi Gelisah dan Kecemasan dalam Hidup


Dalam hidup, mungkin kamu pernah mengalami kegelisahan atau juga kecemasan. Yang membuat hidupmu tidak tenang, dan jauh dari kebahagiaan.

Gelisah dan kecemasan itu diakibatkan dua hal, bisa gelisah karena menyesali suatu hal yang telah terjadi, atau juga kecemasan akan sesuatu hal negatif yang kamu bayangkan di masa depan.

Sobat, masa lalu adalah sesuatu yang sudah berlalu, seburuk apa pun itu tidak akan pernah bisa diubah, tidak bisa dihilangkan. Jadi untuk apa terus menerus gelisah menyesali sesuatu yang telah terjadi.

Mungkin memang pernah melakukan kesalahan di masa lalu, atau tidak melakukan suatu hal yang seharusnya kamu lakukan. Tapi bukankah yang namanya manusia pasti punya kesalahan. Dengan terus gelisah menyesali masa lalu takkan mengubah apa pun di masa lalu, justru kamu tanpa sadar sedang membuang waktumu di masa kini, yang mungkin bisa menimbulkan penyesalan lagi di masa yang akan datang.

Jadi biarkanlah yang sudah berlalu, maafkanlah dirimu jika kamu pernah melakukan kesalahan. Yang terpenting kamu bisa memetik pelajaran dari hal itu.

Jangan juga menjadi cemas terhadap masa depan. Karena masa juga tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita apa-apakan, sebab masa depan adalah masa yang belum terjadi. Jadi jangan berpikir negatif tentang masa depanmu. 

Cara untuk mengatasi gelisah dan kecemasan dalam hidup adalah dengan fokus menjalani harimu saat ini, di masa kini. Tapi bukan berarti tak mempunyai rencana di masa depan. Rencana itu perlu, justru agar kamu bisa fokus menjalani rencanamu ketika perlahan-lahan masa depanmu menjadi masa kini.

Masa lalu bisa kamu jadikan pelajaran untuk menjalani hidup di masa kini. Sehingga kamu menjadi lebih waspada, tapi juga tidak terlalu khawatir. Ketika itu, kegelisahan dan kecemasanmu akan menghilang.


Silakan komentar dengan baik dan bijak. Sesuai dengan artikel yang dibaca :)
EmoticonEmoticon